10 Aplikasi dan Platform Bayar Zakat Online Terpercaya

3 min read

Salah satunya kewajiban yang perlu dilaksanakan oleh tiap muslim pada bulan Ramadan saat sebelum Idul Fitri yaitu membayar zakat fitrah. Program dan basis bayar zakat online bisa ini menolong Anda dalam bayar kewajiban zakat saat Ramadan kelak. Tentu saja cara ini menolong kita dalam efektivitas waktu.

Diambil dari situs sah Baznas, baznas.go.id, zakat fitrah dibayar untuk mensucikan diri sesudah menjalankan beribadah pada bulan Ramadhan. Disamping itu, zakat fitrah bisa juga diartikan sebagai wujud kepedulian pada orang yang kurang sanggup. Hingga keinginannya, rasa kemenangan dan kebahagiaan bisa dirasa oleh semuanya orang terhitung warga miskin dan kekurangan.

Untuk besaran zakat fitrah, di Indonesia sama dengan beras atau makanan dasar dengan berat 2,5 kg atau 3,5 ltr per jiwa. Ketetapan itu sama untuk semua daerah di Indonesia. Tetapi, jika diuangkan, banyaknya akan berbeda setiap daerah.

Manajer Digital Fundraising Baznas RI Fahrudin, menjelaskan pembayaran zakat lewat cara online bisa dilaksanakan di Indonesia semenjak tahun 2016.

“Semenjak tahun 2016, Baznas (Tubuh Zakat Nasional) dari segi basis digital terus mengusahakan berkaitan keringanan dan kenyamanan bayar zakat lewat cara online. Dan kenaikan tiap tahunnya capai 30 %,” bebernya pada acara #LangkahMenujuBerkah Ramadhan bersama OY! Indonesia,” Rabu (30/3).

Berkaitan keaslian dalam hukum Islam, menurut dia bayar lewat cara online masih tetap syah. “Jadi pada konsepnya, pembayaran online cuman fasilitas untuk pembayaran saja. Tapi dari syariat Islam, itu masih tetap syah,” kata Fahrudin.

Sekarang, warga bisa membayar zakat fitrah lewat program dan basis bayar zakat online. Pembayaran lewat cara online dapat dilaksanakan lewat program sah dan basis paling dipercaya di bawah ini.

  1. KitaBisa

Basis ini menjadi satu diantara program bayar zakat online yang dapat Anda coba. Seperti kita kenali, kita juga bisa sebagai basis yang dipakai untuk menyumbang.

Pada program KitaBisa, pembayaran dan penghitungan zakat karier dapat dilaksanakan secara maal.

Triknya, Anda cukup buka websitenya, lalu pilih feature zakat dan pilih feature ‘hitung zakatmu sekarang’. Seterusnya, Anda cukup masukkan jumlah penghasilan di kolom yang berada di feature itu.

  1. Amalin

Selainnya pada basis KitaBisa, Amalin sebagai program Android bikinan Rumah Amal. Program itu mempunyai feature untuk hitung dan bayar zakat karier atau maal.

Di program Amalin disiapkan bermacam feature yang berkaitan, satu diantaranya sirene zakat. Sirene itu bisa juga diaktifkan dengan manual, untuk keperluan yang lebih individual.

 

Ada juga feature bantuan yang dapat diteruskan untuk beragam kepentingan misalkan servis untuk dhuafa sampai tindakan perduli kemanusiaan. Program Amalin sudah didownload lebih dari beberapa ribu kali di Play Toko.

  1. Indonesia Pemurah hati

Pada IOS, program ini mempunyai peringkat 4,9. Maknanya program ini sudah dipercayai oleh beberapa orang. Disamping itu program ini mempunyai feature up-date seperti mekanisme handphone Anda.

Program yang dipunyai Yayasan Tindakan Cepat Responsif (ACT) mempunyai ukuran 30,8 mb.

  1. Tokopedia

Bukan sekedar berbelanja. Unicorn ini rupanya mempunyai feature untuk pembayaran zakat online baik fitrah atau maal. Anda dapat pilih pembayaran lewat program ini.

Triknya lumayan gampang dengan isi nama saat sebelum ke arah pembayaran. Ada info besaran zakat fitrah yang perlu dibayar tiap orang.

Disamping itu, untuk zakat maal, Tokopedia sediakan kalkulator untuk hitung besaran zakat maal yang perlu dibayar. Seperti lainnya, Tokopedia merajut kerja sama dengan Tubuh Amil Zakat Nasional (Baznas) sampai Dompet Dhuafa dalam salurkan zakat yang diterima.

  1. Bukalapak

Bukalapak sekarang sudah mempunyai feature BukaZakat yang dapat dipakai untuk hitung dan membayar zakat pendapatan (profesi), zakat fitrah, dan zakat harta (maal).

Mereka bekerja bersama dengan Baznas, Lazisnu Nahdlatul Ulama (NU), Lazismu Muhammadiyah, sampai PZU Persatuan Islam (Tepat). Selainnya mempunyai account untuk bayar zakat. Program ini mempunyai kalkulator zakat untuk menolong hitung zakat yang perlu dibayar dan biasa dipakai untuk zakat pendapatan.

  1. LinkAja

Program perbankan ini mempunyai feature share yang digunakan untuk berbayar zakat. Feature ini diperuntukkan untuk memberi bantuan, zakat, dan sedekah. Dompet digital ini sudah bekerja bersama dengan instansi sah yang memperoleh ijin, diantaranya BAZNAS, Dompet Dhuafa, dan Rumah Zakat.

  1. Gojek

Selainnya penyuplai layanan angkutan darling, Gojek sediakan feature GoGive yang digunakan untuk bayar zakat atau menyumbang. Triknya lumayan gampang, satu diantaranya untuk bawa Anda ke sejumlah opsi zakat yang hendak dibayar.

 

Disamping itu, lewat feature pembayaran zakat fitrah, zakat untuk anak yatim, dan zakat untuk lanjut usia dan dhuafa sudah ada. Instansi sah yang bekerja bersama dengan Gojek untuk salurkan zakat diantaranya BAZNAS, Dompet Dhuafa, Kitabisa, dan Griya Yatim dan Dhuafa.

  1. Situs sah Baznas

Baznas memberikan peluang warga untuk coba service bayar zakat fitrah online. Triknya dengan berkunjung situs https://baznas.go.id/bayarzakat. Selanjutnya isi info yang diperlukan, seperti tipe zakat sampai jumlah jiwa yang ingin dibayarkan.

  1. Rumah Zakat

Rumah Zakat menjadi alternative bayar zakat lewat cara online. Triknya membuka situs https://www.rumahzakat.org/bantuan. Selanjutnya tentukan menu ‘Zakat’, tipe ‘Zakat Fitrah’, dan tetapkan nominal jumlah jiwa yang hendak dibayar zakatnya

Kemudian, click ‘Bayar Sekarang’ dan melengkapi data personal Anda. Seterusnya, tentukan pemberitahuan pembayaran zakat untuk dikirim lewat e-mail atau SMS

Ada banyak sistem yang ada. Dimulai dari virtual akun, kartu credit, dan pembayaran lewat e-wallet. Disamping itu ada juga pembayaran lewat Alfamart dan Bank Transfer, lalu click ‘Bayar Sekarang’.

  1. Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa menjadi alternative bayar zakat lewat cara online. Triknya, membuka situs https://bantuan.dompetdhuafa.org

Tentukan tipe bantuan ‘Zakat’ Lalu tentukan ‘Zakat Fitrah’ untuk kolom penekanan bantuan. Seterusnya, isi jumlah zakat fitrah sama sesuai nominal yang telah diakui. Lantas isi profile donatur dengan komplet, terhitung alamat e-mail dan nomor telephone.

Seterusnya, tentukan sistem pembayaran. Anda dapat bayar lewat transfer bank dan beberapa e-wallet. Click ‘Bayar Sekarang’.

Itu barusan program dan basis bayar zakat online yang dapat Anda coba. Mudah-mudahan info ini berguna untuk Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *