Survei Ipsos: Grab Aplikasi Super Terbaik di Asia Tenggara

Survei Ipsos: Grab Aplikasi Super Terbaik di Asia Tenggara

Editor : - 9 April 2022 - 9:25 am

Grab dipilih sebagai SuperAppli atau SuperAppli terbaik di Asia Tenggara berdasar survey Ipsos baru saja ini, Di antara memberikan laporan Kamis (4 Juli 2022).

Dalam survey pada 3.500 pemakai service digital berumur di atas 18 tahun di Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Filipina, Grab dipilih sebagai program terbaik, dituruti oleh Shopee dan Lazada.

“Kami akan membuat daftar calon superappli untuk tiap negara dan memperbandingkan rangking pemakai berdasar empat metrik khusus: pengalaman pemakai, keterkaitan, kesadaran, dan manfaat,” kata Soeprapto Tan, Managing Director Ipsos, Indonesia.

Dalam study yang sudah dilakukan lewat cara online pada Desember 2021, Ipsos mendeskripsikan Super App sebagai program yang sediakan tiga ataupun lebih service digital, terhitung transportasi, e-commerce, pembayaran, pengangkutan makanan, dan berbelanja bahan makanan. Program berbasiskan sosial media tidak dilibatkan dalam survey.


Grab sebagai superappli terbaik di enam negara Asia Tenggara yang disurvey, dengan rerata keseluruhan score index 63. Singapura dan Vietnam mempunyai score Grab paling tinggi.

Shopee ada di posisi ke-2 dengan keseluruhan score index rerata 52, dituruti oleh Lazada (42), Gojek (22), Tokopedia (14), Traveloka (12), AirAsia (10), BliBli, BukaLapak, dan JDID (masing-masing 10). Ya.), GCash (8), Touch n Go eWallet (7), Lineman (6), Be (5), dan Zig (3).

Ipsos membagi penemuan terinci pada tiap tanda khusus.

Tanda pengalaman pemakai mengecek pengalaman pemakai dan manfaat program yang skornya ditetapkan oleh gabungan atribut seperti kekuatan untuk diketemukan, keunggulan, aksesbilitas, dan keamanan. Di rangking ini, Grab melampaui Super Apps yang lain, diikuti Shopee, Lazada, dan Gojek.

Tanda keterkaitan memperlihatkan superappli mana yang terbanyak dipakai. Score didasari pada score BUMO (Merk Paling Kerap Dipakai), dan kepuasan pemakai dan kualitas service. Dalam metrik ini, Shopee tempati rangking pertama, lalu Grab, lalu Lazada.

Tanda pengenalan selanjutnya tentukan superapp yang mana lebih terkenal. Score diukur berdasar dua atribut: Hebat of Mind Recall dan Keseluruhan Awareness, atau SuperAppli yang paling akrab untuk pemakai. Grab menempati pucuk daftar sebagai program super terpopuler, dituruti oleh Shopee dan Lazada.

Sebagai tanda manfaat, Ipsos menghitung berapa kerap Anda memakainya tiap bulan, seberapa banyak service digital yang Anda pakai tiap bulan, dan peringkat atau rangking nominal transaksi bisnis pemakai Anda. Akhirnya, Shopee ada di posisi paling atas, diikuti Grab dan Lazada.

“Grab raih score yang semakin tinggi berdasar keseluruhan score rerata masing-masing tanda, hingga Grab menempati rangking nomor satu sebagai superappli terbaik se-Asia Tenggara yang diputuskan pemakai,” tutup Soeprapto Tan.

Dalam tahun-tahun ini, SuperAppli Asia Tenggara dijumpai berkembang cepat, terpusat pada perusahaan seperti Grab dan GoTo. Ini karena wabah sudah memungkinkannya pemakai untuk lakukan semakin banyak kegiatan digital dibanding awalnya.

Menurut Laporan Ipsos SEAAhead Wave 5 yang di-launching pada Januari 2022, 51% orang Asia Tenggara belanja online seringkali, dan satu diantara 2 orang bayar seringkali dengan dompet digital dan pilihan nontunai yang lain.

Disamping itu, survey Ipsos belakangan ini mendapati jika 82% pemakai program digital Asia Tenggara pesan pengangkutan makanan dan 43% memakai service ride-hailing.