6 Cara Mudah Mengetahui Spesifikasi Laptop

3 min read

Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop

Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop – Saat ini, laptop menjadi salah satu sarana yang hampir wajib dimiliki oleh semua orang, terutama anak sekolahan, mahasiswa, karyawan, dan lain sebagainya. Jadi nggak heran deh kalau pas tahun baru counter penjual laptop bakalan rame, karena saat itu, harga laptop biasanya bakalan jauh lebih murah.

Kan sayang kalau moment seperti itu nggak dimanfaatin. Nah, walaupun semua orang butuh laptop, tapi tetap saja, spesifikasi laptop yang dibutuhkan tiap orang berbeda-beda. Hal ini karena kebutuhan dan kepentingan orang menggunakan laptop tuh nggak sama. Ada yang harus punya spesifikasi tinggi, ada juga yang standar.

Terutama kalau anak Ilmu IT sih, atau editor-editor. Mereka butuh banyak software buat dimasukin ke laptop, sehingga spesifikasi laptopnya ya nggak bisa sembarangan.

Spesifikasi Laptop

Spesifikasi laptop merupakan deskripsi tentang berbagai komponen dan juga kemampuan sebuah laptop, mulai dari model, keterangan pabrik, hingga kecepatan proessornya. Dan biasanya, kecepatan prosessor sebuah laptop akan ditunjukkan dengan GHz, atau gogahertz. Apabila angka GHz nya makin tinggi, maka kecepatannya juga makin tinggi.

Nah, di spesifikasi laptop kita juga akan menemukan informasi terkait RAM nih. Tahu dong RAM itu apa, ya karena ponsel kita juga ada keterangan RAM nya kan? Maka, antara RAM nya laptop sama RAM nya ponsel sama aja kok. Dan ditunjukkan dalam bentuk GB, sama juga kayak ponsel. Sementara untuk ruang hard Disknya, atau kadang-kadang disebut ROM, keterangan di spesifikasinya juga pakai hitungan GB, dan spesifikasi lainnya yang bisa saja ada adalah Ethernet ataupun wifi, dan juga kemampuan video dan audionya.

Dengan mengetahui spesifikasi sebuah laptop, tentu akan membuat kita lebih bijak dalam mengatur beban sebesar apa yang kira-kira akan mampu ditampung laptop karena keterbatasannya. Dan semua spesifikasi laptop tentu saja menunjukkan kegunaannya. Ia kan? Misalnya, ada laptop yang hanya dipakai untuk menulis, administrasi, game, desain, tugas, dan sebagainya.

Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop

Setelah tahu pengertian dan kegunaan spesifikasi laptop, kita juga harus tahu cara mengetahui spesifikasi laptop dong. Hal ini supaya kalau kitamau beli laptop, bisa ngecek sendiri spesifikasi yang kita inginkan, dan menentukan spesifikasi laptopnya terlebih dahulu.

Agar laptop yang kita beli benar-benar dapat berfungsi sesuai dengan kebutuhan kita. Sampai saat ini, ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk mengetahui spesifikasi laptop. Yuk simak cara mengetahui spesifikasi laptop berikut ini.

1. Menggunakan Pengaturan

Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop

 

Cara mengetahui spesifikasi laptop yang pertama adalah dengan menggunakan menu pengaturan. Cara satu ini terbilang sangat sederhana dan juga simple. Dengan cara sesederhana ini, kita bisa mengetahui gambaran umum tentang spesifikasi laptop kita.

Caranya mudah banget, pertama buka menu “Pengaturan” di laptop atau menu “Settings“, kemudian klik “System“, cari menu “About” lalu klik. Dalam seketika, spesifikasi laptop kita akan muncul. Sesederhana itu gengs. Di sepsifikasi laptop yang ditampilkan, kita bisa melihat nama laptop, besar RAM, prosessor, versi, dan sebagainya.

2. Menggunakan Software CPU-Z

CPU-Z

Cara melihat spesifikasi laptop yang kedua adalah dengan CPU-Z. CPU-Z merupakan aplikasi ya. Sebelum mengetahui spesifikasi laptop kita, silahkan install terlebih dahulu aplikasinya. Kalau sudah kita mulai caranya ya. Buka aplikasinya, maka spesifikasi dan detail laptop kita sudah langsung dapat kita lihat. Kita bisa melihat dengan detail tentang nama prosessor, sampai core speed yang ada di kolom CPU.

Kalau kita ingin tahu informasi mainboard laptop kita, maka kita bisa membuka kolom main board yang ada di aplikasi. Untuk memantau RAM nya, maka kita bisa menggunakan fitur slot RAM, dan sebagainya.

Intinya, kita cuma perlu download dan install aplikasi ini, maka semua spesifikasi akan muncul. Asli, gampang banget. Gratis ya sis. Tenang saja.

3. Memanfaatkan Menu This PC di My Computer

Cara satu ini masih seperti cara pertama ya, yaitu menggunakan menu yang ada di laptop, tanpa harus download software. Caranya mudah, buka Windows Explorer, kemudian klik kanan pada bagian “My Computer” ada menu “This PC“, maka kita bisa mengklik “This PC” tadi, lalu klik “Properties“, maka dengan sekejap saja spesifikasi laptop kita sudah muncul.

4. Menggunakan Command Prompt

Command Prompt

Cara melihat spesifikasi laptop yang juga nggak kalah gampangnya adalah menggunakan “Command Prompt“. Caranya, buka dulu Windows Explorer, lalu langsung ketik “command prompt” di menu search, klik langsung menu command prompt, kemudian ketik system info, enter deh. Selesai. Spesfikasi laptop kita akan tampil.

5. Menggunakan DXdiag

Cara lain yang juga praktis adalah menggunakan DXdiag. Pertama, buka dulu run, atau untuk lebih cepatnya kita bisa mengklik “windows+R” di keyboard. Jika sudah, langsung ketikkan “dxdiag” di kolom open, lalu klik oke. Maka kita sudah bisa melihat spesifikasi laptop. Hanya saja, untuk cara ini hanya bisa digunakan oleh windows yang besar bitnya 64 dan 32 ya.

6. Menggunakan Software Speccy

Software Speccy

Kalau kita mau download software, maka software yang cocok ada Speccy nih. Kalau sudah terdownliad dan terinstall, kita bisa membuka aplikasinya, maka semua spesifikasi laptop sudah ditampilkan. Untuk spesifikasi detailnya kita bisa memanfaatkan tab summary.

Menentukan Spesifikasi Laptop yang Cocok

Wah, kita sudah melewati bagaimana caranya mengetahui spesifikasi laptop yang kita butuhkan, untuk selanjutnya kita akan bahas bagaimana menentukan spesifikasi laptop yang cocok dengan kebutuhan kita.

Nah, kalau kita bingung dengan spesifikasi apa yang kira-kira cocok dengan kebutuhan kita, maka kita bisa searching dulu di mbah google, di sana sudah banyak banget kok rekomendasi spesifikasi laptop yang bagus itu seperti apa, lengkap dengan detailnya. Atau, kita juga bisa konsultasi dulu ke tukang konter atau teman kita yang memang mempunyai pengetahuan tentang spek laptop.

Jika kita sudah tahu, maka kita bisa langsung menentukan spesifikasi laptop yang akan kita gunakan. Beda ceritanya kalau kita sudah punya laptop ya, karena cara ini bisa saja kita lakukan karena penasaran dengan speknya seperti apa.

Kalau kita nggak mau ribet-ribet, ya lihat saja kecepatan prosessornya. Kalau angkanya tinggi, berbeda dengan spek laptop yang kain, angkut bos. Karena laptop yang mempunyai spesifikasi tinggi menjamin bahwa system laptopnya juga bisa berjalan dengan sangat cepat. Tapi nih, biasanya, kalau spek prosessornya tinggi, ya harganya juga tinggi dong. Siapin duitnya aja kalau gitu.

Jadi, paling nggak ada enam cara mengetahui spesifikasi laptop yang bisa kita lakukan ya. Caranya juga sangat beragam, ada yang memanfaatkan menu yang ada di laptop atau bawaan laptopnya, ada juga yang menggunakan aplikasi. Ya kamu bisa menyesuaikannya dengan keinginan kamu. Pilih saja cara yang memang menurut kamu paling mudah dan paling simple. Kalau menurut kamu menggunakan software lebih mudah ya silahkan, kalau tidak juga tidak apa-apa.

Oke, sekian dulu pembahasan kita terkait cara mengetahui spesifikasi laptop. Semoga bermanfaat bagi kita yang memang ingin mengetahui spesifikasi laptop atau yang nantinya akan membutuhkan informasi seputar spesifikasi laptop.

One Reply to “6 Cara Mudah Mengetahui Spesifikasi…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *