5 Rekomendasi Film Bertema Kemerdekaan Indonesia.

5 Rekomendasi Film Bertema Kemerdekaan Indonesia.

Editor : - 12 August 2022 - 4:40 pm
Ini dia 5 rekomendasi film bertema kemerdekaan Indonesia yang bisa menjadi pilihan menemani keluarga merayakan HUT RI ke 77, 17 Agustus 2022 nanti.

Hari perayaan HUT RI ke 77 sebentar lagi tiba. Apa agenda anda melewati hari libur nasional tersebut besama keluarga ? Yang tak pernah terlewatkan adalah lomba – lomba yang biasanya hadir di setiap lingkungan yang diikuti oleh anak-anak pada umumnya seperti lomba balap karung misalnya.

Di tengah suasana pandemi ini, selain aktivitas luar ruangan kita juga bisa mengisinya dengan menonton film bertema kemerdekaan Indonesia. Film-film tersebut dapat memberikan inspirasi semangat juang dari para pejuang terdahulu untuk kita semua.

Rekomendasi Film Bertema Kemerdekaan Indonesia

1.Merah Putih (2009)

Merah putih adalah film yang rilis pada tahun 2009 yang lalu. Walaupun film ini sudah lama tayang tapi film ini masih sangat bagus untuk ditonton. Hal ini dikarenakan film Merah Putih salah satu film nasional yang mendapat sentuhan hollywod.

Film ini berlatar perang melawan Belanda setelah kemerdekaan Indonesia di tahun 1947 saat Agresi Militer Belanda di Jawa Tengah. Diperankan oleh Lukman Sardi, Darius Sinathrya, dan Dony Alamsyah. Kita seperti terbawa akan suasana perang di masa lampau.

2.Soekarno : Indonesia Merdeka (2013)


Susuai dengan judulnya film ini menceritakan kisah Soekarno hingga detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia. Disutradarai oleh Hanung Bramantyo, film ini juga mendapatkan penghargaan Asean International Film Festival And Award kategori skenario terbaik.

Lahir dengan nama Kusno, kemudian diubah menjadi Soekarno oleh ayahanda nya dikarenakan sedari kecil sakit-sakitan. Anak kurus itu menjelma menjadi ksatria setelah dewasanya. Harapan ayahandanya terwujud, Soekarno menjelma menjadi Bapak Proklamator Indonesia.

3.Jendral Soedirman (2015)

Film biografi dari jendral besar Indonesia yaitu Jendral Soedirman di masa kemerdekaan Indonesia. Diperankan oleh Adipati Dolken, film ini berkisah perjuangan Jendral Soedirman dalam memimpin perang dengan strategi gerilya.

Pada tahun 1948 terjadi Agresi Militer Belanda ke II di Yogyakarta yang saat itu menjadi ibukota republik. Soekarno – Hatta ditangkap dan diasingkan ke Pulau Bangka. Jendral Soedirman yang mengalami sakit paru-paru saat itu mempimpin perang gerilya selam 7 bulan.

Perjuangan Jendral Soedirman yang tidak menyerah bersama tentara nasional Indonesia saat itu sangat menggugah hati sehingga kita turut merasa haru akan semangat perjuangan.

4.Kartini (2017)

Sosok penggerak emansipasi wanita di Indonesia, Habis Gelap Terbitlah Terang. Ya itulah Kartini, film ini diangkat dari biografinya. Banyak nama-nama besar yang turut andil dalam pembuatan film ini. Dian Sasto sebagai Kartini, Christine Hakim sebagai Ibunda Kartini, Reza Rahardian sebagai Sosrokartono.

Kartini terlahir dari ibu yang bukan berdarah ningrat. Hal ini menyebabkan mereka diperlakukan seperti orang buangan di rumah mereka sendiri. Sepanjang hidupnya, Kartini menyuarakan kesetaraan akan hak semua pihak tanpa memandang ningrat atau tidak.

Kartini berjuang mendirikan sekolah anak miskin dan menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat Jepara. Banyak hal positif dari sosok Kartini yang bisa kita tiru di masa sekarang.

5.Battle Of Surabaya (2015)

Ini adalah film animasi bertema kemerdekaan Indonesia. Mengambil latar pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, peran utama bernama Musa adalah kurir surat dan kode-kode rahasia yang dikombinasikan dengan lagu-lagu keroncong dari Radio Pemberontakan Rakyat Indonesia yang didirikan oleh Bung Tomo.

Berbagai peristiwa di alami oleh Musa dan tokoh-tokoh lainnya yang beberapa adalah tokoh fiktif. Pengisi suara di animasi ini diantaranya adalah Maudy Ayunda dan Reza Rahardian. Film ini banyak menyabet penghargaan International kategori animasi. Selain itu film ini juga dilirik oleh rumah produksi animasi international diantaranya adalah Disney.

Itulah tadi 5 rekomendasi film bertema kemerdekaan Indonesia yang bisa anda nikmati bersama keluarga selama HUT RI ke 77 di tanggal 17 Agustus 2022 nanti. Semoga membantu!

 

grapemedia iklan