Tahun Lalu Rekor, Penjualan NFT Mulai Melambat pada Awal 2022

Tahun Lalu Rekor, Penjualan NFT Mulai Melambat pada Awal 2022

Editor : - 13 April 2022 - 10:42 am

Sesudah mencatatkan rekor tahun kemarin, pemasaran NFT mulai memperlihatkan pertanda melamban pada awal 2022. Misalkan, pemasaran NFT di OpenSea bulan kemarin cuman $2,5 miliar, jauh di bawah rekor Januari sejumlah $5 miliar.

Berdasar data dari cryptoslam pasar treker NFT, cuman 635.000 orang yang beli NFT di bulan Maret tahun ini, pada harga rerata sekitaran US$427. Sebagai perbedaan, pada Januari ada 948.000 investor yang membayar NFT pada harga rerata US$659.

Seperti diambil Reuters Rabu (4/4), “Saya berpikir kita capai suatu hal yang tidak terus-menerus,” kata Pablo Rodriguez Flare, seorang kolektor seni digital di Miami, AS.

Tetapi, Modesta Masoit, direktur keuangan dan analitik di DappRadar, menjelaskan pasar NFT peluang akan alami integratif saat ini sesudah perkembangan cepat tahun kemarin.


Ia menjelaskan perang Rusia-Ukraina belakangan ini sudah jadi sentimen untuk pasar NFT. Investor diharap lebih waspada pada investasi NFT. Dengan demikian, pemasaran asset digital turun.

Berdasar laporan dari NonFungible.com dan L’Atelier BNP Paris, pemasaran asset digital 2021 akan capai US$17,6 miliar, lebih dari Rp251 triliun. Dalam kata lain, banyaknya sudah melesat sampai 200 kali lipat. Itu karena pemasaran tahun kemarin cuman $82 juta.

Menurut situs BeinCrypto, pemasaran NFT global pada Maret 2022 cuman US$2,3 miliar. Secara bulanan (monthly/bulanan), nilai ini turun 21% dari US$ 2,92 miliar di Februari.

Pengurangan pemasaran NFT sepanjang satu bulan paling akhir bisa berpengaruh negatif pada koleksi digital. Ini karena konsumen baru menyaksikan data bulan kemarin untuk tentukan apa mereka harus melakukan investasi di NFT.

Pemasaran bulanan NFT capai tingkat paling tinggi pada Agustus tahun kemarin, capai US$ 4,91 miliar. Waktu itu, pemasaran disokong oleh NFT seperti Bored Ape Yacht Klub (BAYC) dan NBATop Shot.

Pemasaran NFT dihubungkan dengan pengurangan unik pada konsumen, transaksi bisnis, dan pemasaran rerata. Jumlah unique shopper sekarang cuman sekitaran 630.000 dari 940.000 pada Januari 2022.

Transaksi bisnis bulan kemarin cuman capai 5,45 juta transaksi bisnis, naik dari mulanya 6,delapan juta transaksi bisnis. Mengakibatkan, pemasaran rerata bertambah dari $ 655 jadi $ 422.

Harga NFT berfluktuasi karena nilai asset digital tergantung pada status sosialnya. Berlainan dengan dunia seni tradisionil, pasar NFT bisa alami pasang kering (bullish dan bearish) cuman pada sebuah minggu, menurut Nima Sagharchi, Kepala Asset Digital di Rumah Lelang Bonhams.

Walau keseluruhannya alami pengurangan, harga NFT kelas tinggi nampaknya masih bertahan. Misalkan BAYC masih sekitaran US$300.000. BAYC ialah komune NFT oleh kurang dari 10.000 anggota. Banyak selebritis, seperti Justin Bieber, Eminem, presenter Jimmy Fallon, dan Snoop Dogg, ialah pemilik asset digital ini.