√ 27 Bagian Bagian Pada Kamera

5 min read

Bagian Bagian Kamera

Hi, selamat datang. Apakah Anda sedang mencari sebuah informasi tentang bagian-bagian yang ada pada kamera? Kali ini saya akan menginformasikan kepada Anda bahwa di sini kita akan membahas semua itu. Kamera saat ini datang dalam berbagai bentuk yang berbeda dan ukuran yang bermacam-macam.

Jadi ini dia, anatomi dari sebuah kamera yang akan membantu Anda memahami segala sesuatu yang ada pada kamera. Meskipun ini bukan panduan komprehensif yang akan menjelaskan ke sekrup terkecil. Itu masih akan membantu Anda untuk mengidentifikasi bagian-bagian penting agar tidak tersesat seperti rusa di lampu depan mobil. Ayo kita baca selengkapnya di bawah ini.

A) Bagian Bagian Dasar Kamera

Bagian Bagian Dasar Kamera
xlightphotography.com

1) Lensa

Lensa adalah “mata” dari kamera, di mana mata tersebut membengkokkan cahaya untuk membuat segala sesuatu terlihat lebih dekat atau lebih jauh. Tergantung pada jenis kamera, lensa dapat diperbaiki atau dipertukarkan (dilepas). Tetapi harap diperhatikan bahwa lensa yang dapat dipertukarkan tidak universal.

Anda tidak dapat memasukkan lensa jenis kamera Canon pada kamera Nikon, atau lensa Sony pada kamera Canon. Beberapa lensa dan kamera dengan merek yang sama bahkan tidak cocok satu sama lain, jadi selalu periksa kompatibilitasnya sebelum membeli.

  • Catatan : Anda dapat menggunakan “konverter” untuk memasang lensa merek yang berbeda, tetapi itu dapat menyebabkan beberapa masalah kompatibilitas.

2) Mount

Mount adalah tempat memasang / melepaskan lensa, dan hanya kamera dengan lensa yang dapat diganti yang memiliki titik pemasangan. Jelas sekali. Berbagai merek dan tipe kamera memiliki sistem pemasangan yang berbeda. Misalnya, Nikon menggunakan F-mount dan Z-mount, sedangkan Canon menggunakan sistem pemasangan EF dan EF-S.

3) Body

“Seluruh kamera” minus lensa. Ini bisa sedikit aneh untuk pemula, tetapi itulah yang kami sebut kamera dengan lensa yang dapat dipertukarkan. Jadi ketika Anda melihat “tubuh saja” ketika membeli kamera baru, itu berarti Anda hanya mendapatkan kamera, tanpa lensa.

4) Grip

Tempat Anda memegang kamera dengan kuat. Pad karet non-slip biasanya melilit pegangan, tetapi sayangnya, sebagian besar kamera hanya memiliki pegangan di sisi kanan. Orang kidal hanya harus terbiasa dengannya.

B) Bagian Bagian Kendali Kamera

Bagian Bagian Kendali Kamera
xlightphotography.com
  • Catatan: Tata letak tombol dari setiap kamera akan berbeda, sehingga Anda mungkin menemukan ilustrasinya di sini berbeda dari kamera Anda sendiri. Nah, ilustrasi di sini adalah untuk … tujuan ilustrasi. Tapi di sini adalah kendali umum yang harus Anda ketahui.

5) Tombol ON / OFF

Tombol nomor satu yang harus diketahui semua orang. Mengaktifkan dan menonaktifkan kamera.

6) Panel Navigasi

Digunakan untuk menavigasi sistem menu kamera. Tergantung pada kamera dan modelnya, ini juga dapat digunakan untuk akses cepat untuk mengatur hal-hal seperti lampu kilat, mode video dan menerapkan filter.

7) Tombol Shutter

Setengah tekan tombol ini untuk fokus, tekan penuh untuk mengambil foto. Tergantung pada kamera Anda, Anda dapat mendedikasikan tombol lain untuk memicu fokus otomatis, dan mengatur tombol ini menjadi “mengambil foto” saja.

8) Mode dial

Digunakan untuk beralih di antara berbagai mode pemotretan. Tergantung pada model dan pabrikannya, Anda akan mendapatkan berbagai mode pemotretan. Misalnya, sebagian besar kamera pemula akan memiliki berbagai mode otomatis (potret, lansekap, malam, makro, dll …), tetapi sebagian besar kamera profesional hanya akan memiliki mode pemotretan otomatis, semi-otomatis, dan manual.

9) Command dial

Digunakan untuk memanggil pengaturan (aperture, kecepatan rana, ISO, white balance) untuk mode pemotretan manual.

C) Bagian Kerangka Kerja & Informasi Kamera

Bagian Kerangka Kerja & Informasi Kamera
xlightphotography.com

10) Jendela bidik

Di sinilah Anda melihat untuk membingkai tembakan. Secara tradisional, jendela bidik adalah optik (artinya, Anda melihat melalui selembar kaca). Tetapi seiring kemajuan teknologi, jendela bidik perlahan-lahan diganti oleh jendela bidik elektronik (artinya, Anda melihat layar LCD elektronik).

Juga tergantung pada merek dan jenis kamera, Anda mungkin dapat mengubah “lampiran jendela bidik” – Beberapa kamera memiliki eyecup untuk jendela bidik sehingga Anda dapat melihat lebih baik di bawah sinar matahari yang cerah, sementara beberapa yang lain memiliki “kapal selam periskop” yang mengesankan. bagi Anda untuk menembak pada sudut yang canggung.

11) Layar LCD / LED

Di sinilah Anda mengakses menu utama kamera dan melakukan hal-hal ajaib Anda. Seperti melihat tampilam hasil foto, seting kamera dan lain-lain.

12) Panel informasi

Menampilkan pengaturan saat ini dan informasi penting, tanpa harus mengakses menu utama. Beberapa dari Anda pemula harus bingung mengapa panel informasi ini diperlukan – Layar LCD sebenarnya menghabiskan banyak daya, dan seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, mengalami kesulitan di bawah sinar matahari yang cerah.

Panel informasi, di sisi lain, beroperasi pada teknologi “kalkulator LCD” tua yang bagus. Anda bisa membiarkannya hidup lama, dan baterai hampir habis. Tidak ada masalah dengan menggunakannya di bawah matahari juga.

D) Bagian Bagian Lampu Kamera

Bagian Bagian Lampu Kamera
xlightphotography.com

13) Hot Shoe

Di sinilah Anda memasang flash eksternal atau mikrofon eksternal. Tidak semua kamera memiliki sepatu panas, dan seperti lensa, sepatu panas tidak benar-benar universal. Nikon, Canon, Pentax, dan Fuji mengadopsi standar internasional, tetapi mereka semua memiliki penyesuaian sendiri.

Anda mungkin dapat memasang unit flash merek yang berbeda, tetapi beberapa fungsi mungkin tidak berfungsi dengan baik. Terakhir, Sony adalah yang aneh yang benar-benar menggunakan teknologi milik mereka sendiri. Selamat mencoba, pengguna Sony.

14) Fokus membantu cahaya

Lampu LED mungil yang tertanam di dalam kamera. Cahaya ini tidak digunakan untuk benar-benar mengambil foto, tetapi untuk membantu fokus otomatis kamera bekerja lebih baik dalam gelap. Hanya beberapa kamera yang memiliki cahaya bantuan fokus.

15) Popup Flash

Atau kadang-kadang disebut flash bawaan. Flash kecil ini nyaman untuk dimiliki tetapi sering disukai oleh para profesional karena tidak terlalu berguna. Petunjuk – Dapatkan sendiri unit flash yang lebih baik, popup flash kecil ini terkadang lebih berbahaya daripada baik.

E) Bagian Mounting Pada Kamera

Bagian Mounting Pada Kamera
xlightphotography.com

16) Soket Tripod

Di sinilah Anda memasang pelat dasar tripod. Sesuai dengan standar internasional, ukuran ulir sekrup harus 1 / 4-20 (1/4 inci, 20 utas per inci) atau 3 / 8-16 (3/8 inci, 16 utas per inci). Ini akan memungkinkan Anda untuk menggunakan hampir semua tripod yang mengikuti standar ini.

17) Terminal Bawah

Jika kamera Anda memiliki terminal ini, itu akan memungkinkan Anda untuk melampirkan pegangan vertikal opsional ke kamera Anda. Ini pada dasarnya hanya beberapa pin konektor yang tersembunyi di bawah sepotong karet yang dapat Anda lepaskan.

F) Bagian Bagian Sambungan Kamera

Bagian Bagian Sambungan Kamera
xlightphotography.com

18) Jack Mikrofon

Ini biasanya berupa jack audio 3,5 mm standar, dan tempat Anda memasang mikrofon untuk merekam video. Sayangnya, sebagian besar kamera saku sepertinya tidak memiliki porta ekstra yang sangat berguna ini.

19) Headphone Jack

Di sinilah Anda memasang headphone, untuk tujuan memantau sambil mengambil video juga … Atau, Anda dapat menggunakan kamera Anda untuk menonton film. 😆

20) Output HDMI

Keluarkan foto dan video Anda dari kamera langsung ke layar besar. Bagus untuk presentasi dan pemotretan langsung.

21) Port USB

Port USB yang selalu bermanfaat dan konvensional. Hubungkan kamera Anda ke komputer, sehingga Anda dapat membuat cadangan foto Anda, atau langsung mempostingnya secara online.

G) Bagian Bagian Dalam Kamera

Bagian Bagian Dalam Kamera
xlightphotography.com

22) Sensor

Salah satu komponen paling penting dari kamera, inilah yang menangkap cahaya dan mengubahnya menjadi gambar digital. Kualitas gambar yang dihasilkan kamera tergantung pada lensa dan sensor itu sendiri. Jadi cobalah untuk tidak menyentuh sensor ini dengan tangan Anda, meninggalkan noda, atau bahkan lebih buruk, goreskan.

Sebagai catatan tambahan – Hanya kamera digital yang menggunakan sensor elektronik. Kamera analog menggunakan gulungan film (bahan yang peka terhadap cahaya).

23) Bidik

Bidik, seperti pada “daun jendela jendela”. Rana tidak lebih dari “tutup pelindung” untuk sensor; Biasanya tertutup untuk melindungi sensor dari kotoran dan debu. Itu membuka / menutup ketika Anda mengambil foto, dan itu adalah suara “klik” yang Anda dengar.

  • Catatan tambahan – Tidak ada penutup di kamera kompak dan smartphone yang lebih kecil. Karena lensa sudah diperbaiki, dan Anda tidak dapat mengakses sensor secara langsung … Tidak sampai Anda memisahkan semuanya.

24) Baterai

Anda seharusnya sudah terbiasa dengan yang satu ini. Baterai berasal dari mana daya berasal.

25) Kartu Memori

Di mana gambar disimpan. Tetapi harap berhati-hati dengan banyaknya kartu memori yang tersedia saat ini, dan Anda tidak ingin membeli yang tidak didukung oleh kamera Anda – kartu SD, kartu Micro SD, kartu CF, kartu XQD, dll …

H) Bagian Bagian Paling Dalam Kamera

Bagian Bagian Paling Dalam Kamera
xlightphotography.com

Pernah bertanya-tanya bagaimana cara kerja viewfinder? Bagaimana kita bisa melihat melalui kotak hitam? Ini sebenarnya bekerja dengan memantulkan cahaya.

26) Cermin

Memantulkan cahaya ke atas, ke arah jendela bidik. Terbalik saat Anda mengambil bidikan, jadi jangan panik saat pingsan sementara saat Anda mengambil bidikan.

27) Pentaprisme

Jika kita melihat melalui cermin secara langsung, gambar yang dipantulkan oleh cermin akan terbalik – Inilah yang terjadi pada “kamera kuno”. Hari ini, kami menggunakan pentaprisme lain untuk membalikkan gambar kembali.

Perhatikan bahwa hanya kamera tertentu (khususnya SLR dan DSLR) yang memiliki cermin dan pentaprisme. Ponsel cerdas dan kamera saku tidak memiliki cermin, pentaprisme, atau jendela bidik – Mereka menampilkan bingkai langsung pada layar elektronik.

Sumber : xlightphotography.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *