√ 11 Jenis Lama Sampai Jenis Terbaru Kamera Saat Ini

8 min read

Jenis Jenis Kamera

Pada artikel yang satu ini, saya akan akan membahas jenis-jenis kamera untuk Anda. Jika Anda ingin mengetahui itu untuk pengetahuan ataupun jika Anda ingin membeli kamera baru. Maka, panduan ini sangatlah cocok untuk mambantu Anda untuk hal tersebut.

Seperti pada umumnya, kamera memeliki jenis-jenis yang berbeda. Mari kita bahas satu persatu pada artikel di bawah ini.

Sejarah Kamera

Sejarah Kamera
Pixabay.com

Sangat menarik untuk menganalisis kemajuan yang dibuat oleh kamera sejak pertama kali ditemukan seperti sekarang ini. Sejarah di balik penemuan kamera modern melibatkan banyak orang. Beberapa orang menghabiskan satu dekade untuk mencoba membuat kamera. Para penemu berusaha untuk mengembangkan kamera yang lebih unggul daripada kamera yang dikembangkan sebelumnya.

Pada 1021, ilmuwan dan penulis Irak Ibn menggambarkan sebuah perangkat yang menyerupai kamera dalam banyak aspek, dalam bukunya yang berjudul “Book of Optics,” menandai awal dari perjalanan ribuan mil yang terlibat dalam pengembangan kamera modern. Bahkan, kualitas kamera terus meningkat dari hari ke hari.

Siapa yang Menemukan Kamera Pertama Kali?

Kamera portabel pertama dirancang oleh Johann Zahn pada tahun 1685. Tidak banyak kemajuan yang dibuat dalam pengembangan hingga sekitar 130 tahun kemudian. Sebagian besar upaya membuat kamera di antaranya sia-sia.

Tidak sampai tahun 1814 ketika Joseph Nicephore Niepce mengklik foto pertama. Penghargaan untuk penemuan kamera pertama karena itu dibagi bersama antara Johann Zahn dan Joseph Nicephore Niepce. Foto yang diambil oleh Nicephore tidak permanen. Foto diambil menggunakan kamera yang dibuatnya sendiri, di atas kertas yang dilapisi dengan perak klorida. Daerah yang tidak terkena cahaya di kertas menjadi gelap.

Louis Daguerre diberi penghargaan karena menciptakan fotografi praktis pertama pada tahun 1829. Daquerre membutuhkan waktu lebih dari satu dasawarsa untuk membuat metode fotografi yang efektif. Semua kemajuan yang dibuat Daquerre adalah dalam kemitraan dengan Nicephore.

Hak kepemilikan dijual kepada Pemerintah Prancis, yang pada gilirannya mengambil tanggung jawab untuk mengembangkan studio jenis daquerreo di berbagai bagian negara. Alexander Walcott menemukan kamera pertama yang menghasilkan foto yang tidak cepat pudar.

Dari titik ini dan seterusnya, beberapa orang terlibat dalam mengembangkan metode dan kamera untuk gambar berkualitas superior. Kemajuan yang dibuat melibatkan penemuan fotografi yang kurang buram dan berwarna, negatif, dan kamera yang lebih kecil.

Seperti Apa Tampilan Kamera Kuno?

Kamera perintis berukuran sangat besar. Kamera pertama sebenarnya sangat besar sehingga diperlukan beberapa orang untuk mengoperasikannya. Itu kira-kira seukuran kamar. Itu memiliki ruang untuk menampung sejumlah orang di dalamnya. Kamera-kamera besar digunakan sampai tahun 1940-an.

Beberapa kamera dapat mengambil gambar, tetapi tidak dapat menyimpannya. Dengan demikian, fotografer harus mengambil tugas melacak gambar secara manual setelah memotretnya. Awalnya, kamera menghasilkan gambar buram, yang membaik secara bertahap.

Kamera pertama juga mengambil gambar hitam putih. Bahkan, hingga tahun 1940-an fotografi berwarna menjadi umum dan dikomersialkan.

Tampilan Kamera Kuno
pixabay.com

Jenis Jenis Kamera Saat Ini

1. DSLR Camera

Jenis Jenis Kamera, 1. Kamera DSLR
pixabay.com

Kamera DSLR adalah bentuk pendek dari Digital Single Lens Reflex Camera. Ini adalah jenis kamera paling populer di pasar. Semua fotografer profesional akan memiliki satu kamera DSLR dalam kit mereka. Ini sebenarnya adalah kombinasi dari sensor pencitraan digital dengan kamera refleks lensa tunggal.

Kamera DSLR hadir dengan lensa yang bisa dilepas. Jadi, Anda bisa mengganti lensa kamera berdasarkan jenis fotografi. Jika Anda melakukan fotografi lanskap, Anda dapat memasang lensa sudut lebar dan untuk fotografi satwa liar, lensa telefoto.

Di kamera DSLR, Anda bisa mendapatkan pemandangan langsung dari pemandangan melalui jendela bidik optik kamera. Pilihan kamera full frame dan half frame tersedia di kamera DSLR.

Canon dan Nikon adalah dua produsen kamera DSLR yang populer. Anda juga bisa mendapatkan kamera DSLR dari Fuji, Pentax, dan Sigma juga.

Anda dapat memilih satu yang sesuai dengan anggaran Anda dan jenis fotografi yang Anda lakukan. Berbagai pilihan lensa merupakan salah satu faktor yang membuat kamera DSLR cukup populer. Semua kamera DSLR saat ini juga mampu merekam video. Beberapa bahkan dapat merekam video 4K.

DSLR memberi Anda kemampuan untuk merekam gambar dalam format RAW. Anda nanti dapat memposting gambar di Photoshop atau Lightroom

Ciri-Cirinya :

  • Menggunakan lensa kit 18-55 mm
  • Lensa yang dapat diganti-ganti sesuai kebutuhan
  • Aksesoris kamera lebih banyak

Kelebihannya :

  • Lebih fleksibel dalam penggunaan
  • Kualitas gambar lebih memuaskan
  • Fitur fotografi lebih memadai
  • Mudah untuk di upgrade
  • Kinerja sangat mumpuni untuk fotografi

Kekurangannya :

  • Harga relatif lebih mahal
  • Ukuran lebih besar dari kamera lainnya
  • Tidak cocok untuk para pemula

2. Mirrorless Camera

Jenis Jenis Kamera, 2. kamera mirrorless
Pixabay.com

Jika Anda menghapus jendela bidik optik dari kamera DLSR, maka Anda mendapatkan mirrorless. Jadi, jendela bidik optik akan hilang dari kamera tanpa cermin. Ini menghilangkan sejumlah berat dari tubuh kamera.

Gambar yang jatuh pada sensor kamera dapat dilihat langsung di jendela bidik. Ini membuat kamera tanpa cermin lebih ringan dan mudah ditangani.

Anda bisa mendapatkan tubuh kamera bingkai Crop maupun tubuh kamera full frame di kamera mirrorless. Sony A7RIII adalah bodi kamera tanpa bingkai terbaik saat ini. Nikon dan Sony juga memiliki bodi kamera tanpa cermin.

Mereka juga datang dengan fitur lensa yang bisa dilepas. Pilihan lensa relatif lebih sedikit karena mereka baru di pasaran. Nikon dan Canon telah datang dengan adaptor, untuk memasang lensa DSLR yang ada ke kamera tanpa cermin.

Seperti kamera DSLR, mirrorless juga memungkinkan Anda mengambil gambar dalam format RAW.

Ciri-Cirinya :

  1. Ukurannya relatif kecil
  2. Beratnya ringan
  3. Lensa yang dapat diganti-ganti
  4. Hasil bidikan yang dihasilkan tidak jauh beda dengan DSLR

Kelebihannya :

  • Fokus sangat cepat
  • Lensa bisa diganti-ganti
  • Kamera lebih cepat mengambil gambar dibanding DSLR
  • Kualitas gambar yang dihasilkan tidak jauh beda dengan DSLR

Kekurangannya :

  • Gambar dalam jendela bidik dibalik secara horizontal (dari kiri ke kanan) yang mengakibatkan pembingkaian foto yang sulit, terutama bagi pengguna yang belum berpengalaman atau dengan objek yang bergerak.

3. Point and Shoot Camera

Jenis Jenis Kamera, 3. kamera point and shot
pixabay.com

Kamera Point and Shoot adalah kamera kompak, berguna untuk orang yang ingin mengambil foto liburan atau foto keluarga. Ini untuk orang-orang yang tidak tertarik pada fotografi dan hanya ingin menangkap gambar.

Mereka datang dengan lensa tetap dan panjang fokus variabel. Anda tidak akan bisa mendapatkan telefoto dalam satu titik dan memotret kamera. Oleh karena itu, ini adalah kamera terbaik untuk keperluan dokumentasi.

Di sini, gambar akan direkam dalam format JPEG. Sebagian besar Kamera Point and Shoot menggunakan baterai AA. Hanya sedikit kamera yang dilengkapi dengan baterai khusus. Di antara berbagai jenis kamera untuk fotografi, kamera point and shoot yang ringan dan, Anda dapat dengan mudah membawanya dalam tas kecil Anda.

4. Bridge Camera

Jenis Jenis Kamera, 4. kamera bridge
pixabay.com

Jembatan kamera, seperti namanya terletak di antara kamera point and shoot dan kamera DSLR. Jenis kamera ini datang dengan lensa tetap, dan sebagian besar kamera Bridge menutupi rentang fokus telefoto.

Jadi, ini merupakan pilihan yang sangat baik untuk memotret satwa liar dan olahraga, jika anggaran Anda rendah atau jika Anda tidak tertarik dengan DSLR atau kamera tanpa cermin.

Banyak kamera Bridge mendukung format RAW. Lebih mudah untuk dibawa jika dibandingkan dengan DSLR. Jika Anda seorang birder, bukan fotografer burung, maka Anda dapat berinvestasi dalam satu untuk mendokumentasikan penampakan burung Anda.

Ciri-Cirinya :

  1. Memiliki kemampuan zoom yang luar biasa, saat ini sudah mencapai 50x hingga 60x dan untuk itu sistem stabilisasi yang mumpuni.
  2. Kemampuan untuk mengambil foto dan video yang lebih stabil

Kelebihannya :

  • Memiliki lensa yang bisa zoom sangat jauh
  • Ukuran dan beratnya lebih ringan dan sedikit lebih kecil
  • Relatif lebih murah jika dibandingkan kamera DSLR
  • Memiliki kemampuan untuk membidik gambar berturut-turut melebihi 10 fps

Kekurangannya :

  • Sensor lebih kecil
  • Lensa tidak bisa diganti-ganti
  • Kualitas foto masih jauh jika dibandingkan dengan kamera DSLR

5. Instant Camera / Polaroid Camera

Jenis Jenis Kamera, 5. kamera instant / kamera polaroid
pixabay.com

Seperti namanya, kamera instan mampu mencetak foto segera setelah memotretnya. Adalah Polaroid Corporation yang memperkenalkan kamera jenis ini di pasar. Oleh karena itu, kamera ini juga dikenal sebagai kamera Polaroid.

Generasi awal dari kamera Instan menggunakan film, dan diganti dengan cetakan kertas. Ada banyak model berbeda dari Polaroid, dan produsen kamera Instan lainnya. Kodak dan Fujifilm adalah produsen kamera Instan lain yang dikenal.

Ciri-Cirinya :

  1. Memiliki kemampuan mencetak foto langsung jadi.
  2. Memiliki film khusus yang dinamakan film polaroid

Kelebihannya :

  • Bisa langsung seketika mencetak foto hasil bidikan kita
  • Model dan desain yang unik dan stylish dan elegan

Kekurangannya :

  • Kualitas kamera tidak sebagus kamera digital lainnya
  • Ukuran foto standar bahkan terbilang kecil

6. Medium Format Camera

Jenis Jenis Kamera, 6. kamera medium format
pixabay.com

Pada hari-hari awal, kamera format medium menggunakan film 120mm. Di era digital ini, film diganti oleh sensor kamera digital dengan ukuran yang mirip dengan film 120mm. Beberapa produsen masih memproduksi kamera film format sedang. Muncul dengan sensor kamera yang lebih besar dan dengan harga yang lebih tinggi.

Jadi, jika Anda mencari gambar berkualitas sangat tinggi dengan kinerja noise tinggi, maka Anda harus menggunakan kamera format medium. Jadi, ini adalah pilihan pertama kamera untuk fotografer fesyen.

Hasselblad adalah salah satu merek kamera format medium yang populer. Fuji dan Pentax adalah merek terkenal lainnya dalam jenis kamera ini. Mereka sedikit berat dan tebal jika dibandingkan dengan kamera DSLR. Bulkiness ini terutama disebabkan oleh sensor kamera yang besar.

Ciri-Cirinya :

  1. Mempunyai beragam fitur dan aplikasi
  2. Memiliki bentuk yang pas di tangan, compact dan praktis
  3. Kualitas kamera semakin hari semakin baik dan canggih
  4. Beberapa smartphone memiliki harga yang sangat terjangkau

Kelebihannya :

  • Kualitas foto dapat dicetak dengan ukuran besar, sehingga kebanyakan kamera ini dipakai untuk tujuan komersiil atau reproduksi.

Kekurangannya :

  • Harga peralatan yang relatif mahal
  • Adanya keterbatasan dalamm depth of field (DOF) pada lensa dengan sudut gambar yang sama

7. Digital Cinema Camera / Movie

Jenis Jenis Kamera, 7. Digital Cinema Camera / Movie
Pixabay.com

Kamera Digital Cinema adalah jenis kamera kelas atas yang digunakan untuk merekam film atau film dokumenter. Mereka datang dengan opsi lensa yang dapat dipertukarkan. Para profesional film memanfaatkan kamera cine. Mereka digunakan terutama untuk merekam video, dan semua model mampu mendukung resolusi 4k dan banyak lagi.

Beberapa kamera Digital Cine yang populer termasuk Blackmagic Design URSA Mini Pro 4.6K, Canon EOS C100 Mark II dan Sony PXW-Z150 4k XDCAM.

8. Film Camera

Jenis Jenis Kamera, 8. kamera film
pixabay.com

Terakhir, kami memiliki kamera film. Semuanya dimulai dengan kamera film. Selama masa-masa awal fotografi, kami menggunakan film sebagai media untuk merekam gambar. Kemudian, Film digantikan oleh sensor kamera dan kartu memori.

Bagian ISO dari gambar hadir sebagai fitur film. Jadi, kita perlu mengubah gulungan film sesuai dengan kebutuhan ISO kita.

Anda dapat mengontrol kecepatan Rana dan Rana dari kamera. Sekarang, produsen kamera telah berhenti memproduksi kamera jenis ini untuk fotografi karena kurangnya permintaan.

9. Smartphone Camera

Jenis Jenis Kamera, 9. kamera smartphone
pixabay.com

Saat ini, kami mendapatkan kamera yang bagus di Smartphone itu sendiri. Hampir, semua smartphone hadir dengan dua kamera, satu di depan untuk selfie dan satu di belakang.

Beberapa smartphone bahkan memiliki kamera ganda di bagian kamera belakang, satu untuk pemotretan potret dan yang lainnya untuk pemotretan biasa. Dengan bantuan perangkat lunak, mereka bisa mendapatkan efek blur seperti DSLR pada foto.

Fitur ini membuat kamera smartphone lebih menarik bagi orang yang mencari fitur kamera DSLR dalam ukuran yang ringkas.

Munculnya smartphone dengan kamera yang bagus mengakibatkan penurunan kamera point and shoot. Beberapa smartphone bahkan memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dalam format RAW, yang dapat Anda edit nanti.

Tapi, jangan berharap file RAW ini memiliki jumlah detail gambar yang sama seperti DSLR atau mirrorless. Jenis-jenis kamera ini sebagian besar cocok untuk orang yang selalu ingin memiliki beberapa kamera di saku mereka atau bagi mereka yang tidak ingin membawa kamera terpisah.

Smartphone seperti iPhone dari Apple, Redmi Note 5 pro dari Xiaomi adalah beberapa contoh untuk Smartphone dengan fitur kamera yang bagus.

Ciri-Cirinya :

  1. Mempunyai beragam fitur dan aplikasi
  2. Memiliki bentuk yang pas di tangan, compact dan praktis
  3. Kualitas kamera semakin hari semakin baik dan canggih
  4. Beberapa smartphone memiliki harga yang sangat terjangkau

Kelebihannya :

  • Mampu menghasilkan kualitas gambar dan video HD hingga Full HD
  • Model dan desain yang compact, ringan dan portable
  • Harga terbilang murah dan terjangkau
  • Memiliki fitur dan spesifikasi yang kaya
  • Mempunyai beragam aksesoris tambahan

Kekurangannya :

  • Kualitas foto masih kurang jika dibandingkan dengan kamera DSLR
  • Fitur dan pengaturan foto dan video terbatas

10. Action Camera

Jenis Jenis Kamera, 10. Action camera
pixabay.com

Kamera tindakan / Kamera GoPro dikenal dengan ukuran miniaturnya, yang dapat dipasang di banyak tempat di mana sulit untuk memasang kamera normal.

Anda dapat menggunakan kamera aksi untuk mengambil gambar, merekam video, dan melakukan fotografi selang waktu. Mereka datang dengan berbagai opsi pemasangan. Anda dapat memasangnya di helm, pergelangan tangan, badan, di kendaraan atau pakaian.

Ada rumah kamera yang dapat Anda gunakan untuk merekam video di bawah air. Sebagian besar kamera aksi mendukung resolusi 4k.

Kamera aksi tertentu memungkinkan Anda untuk menghubungkannya ke ponsel cerdas Anda untuk pemicu jarak jauh dan tampilan langsung. GoPro dan YI adalah beberapa merek kamera aksi terkenal.

Ciri-Cirinya :

  1. Memiliki bentuk yang kecil, ringkas dan portable
  2. Mempunyai fitur image stabilization untuk penstabil getaran

Kelebihannya :

  • Mampu menghasilkan kualitas gambar HD hingga Full HD
  • Model dan desain yang compact, ringkas dan portable
  • Harga terbilang murah dan sudah waterproof
  • Cocok untuk anda yang memiliki mobilitas tinggi
  • Dapat dipasang memori eksternal hingga 32GB

Kekurangannya :

  • Kualitas foto masih kurang bagus meski sudah berpiksel besar
  • Hasil rekaman video berformat AVI Sehingga ukuran file cenderung besar
  • Tidak ada Wifinya sehingga harus melepas kartu memori terlebih dulu kalau ingin memindahkan file

11. 360 degree (Derajat) Camera

Jenis Jenis Kamera, 11. kamera 360 derajat
pixabay.com

Jenis kamera 360 derajat semakin populer akhir-akhir ini. Mereka mampu mengambil foto 360 derajat. Bahkan beberapa smartphone mampu melakukan pekerjaan ini dalam fitur panorama yang diperluas.

Anda dapat mengambil foto 360 derajat tunggal dengan satu klik dengan menggunakan kamera 360 derajat khusus. Jadi, Anda dapat membeli satu hanya jika Anda benar-benar tertarik pada foto 360 derajat.

Rico Theta 5, Nikon Keymission360, Samsung Gear 360, Rylo dan GoPro Fusion adalah beberapa jenis kamera 360 derajat yang populer.

Sekarang, saya pikir Anda sudah terbiasa dengan berbagai jenis kamera. Jadi, Anda dapat membeli kamera jenis apapun, tergantung pada kebutuhan Anda. Ingat satu hal, membeli kamera high-end saja tidak akan membantu Anda menjadi seorang fotografer yang baik, Anda perlu tahu cara menggunakannya juga.

Sumber : photographyaxis.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *