Cara Membuat Bayangan di Photoshop

4 min read

Cara Membuat Bayangan di Photoshop

Cara membuat bayangan di photoshop – Mambuat atau menambahkan sebuah bayangan ke foto Anda sangatlah penting sebagai landasan objek dimana Anda sedang membuat unsur gabungan gambar.

Di dalam artikel ini, Anda akan melihat bagaimana caranya membuat sebuaj bayangan di aplikasi Adobe Photoshop. Ada dua pilihan, yaitu membuat bayangan pada background putih dan sebuah pemandangan alami.

Mari kita mulai tutorial photoshop yang mudah ini.

Bagaimana Cara Membuat Bayangan di Photoshop Pada Background Putih

Sebuah canvas hitam putih adalah tempat yang mudah untuk kita membuat atau menambahkan efek bayangan pada sebuah gambar. Kemudian Anda juga bisa mengikuti langkah praktis untuk membuat bayangan realistis.

Background putih sangat khas digunakan untuk produk fotografi. Akan tetapi gambar-gambar ini tidak bisa digunakan ketika difoto dalam kotak cahaya.

Di sini Anda akan melihat bagaimana membuat sebuah bayangan yang bagus. Bukan bayangan yang susah di buat seperti ketika Anda mendapat dari pancaran flash langsung.

Langkah 1 : Buatlah Drop Shadow

Langkah ini adalah tugas yang cukup sederhana.

  1. Pertama adalah mengimpor gambar Anda ke dokumen kosong Photoshop. Dalam dokumen Photoshop ini Anda akan memilih lapisan background putih, dan lapisan untuk menempatkan objek Anda. Anda harus memotong objek Anda dari gambar lain. Ini seharusnya lebih mudah jika Anda memiliki foto produk yang sudah diambil dengan background putih.
  2. Di layer objek Anda, klik tab fx di menu layer. Temukan ini di kanan bawah layar Anda. Pilih opsi untuk membuat bayangan. Ini di bagian bawah bilah menu fx.
  3. Anda sekarang dapat memanipulasi bayangan ini. Anda dapat mengubah warna bayangan (default adalah hitam), dan opacity, sudut, ukuran dan jarak.

Langkah 2 : Membuat Sebuah Bayangan Lebih Realistis

Langkah selanjutnya adalah mengubah bayangan tersebut menjadi bayangan yang lebih realistis. Gunakan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Ubah drop shadow ke layer baru. Sekarang Anda dapat memanipulasinya sendiri. Sekarang ada simbol fx di tab layer. Klik kanan pada ini, dan Anda akan melihat menu baru. Ketiga dari bawah, Anda akan menemukan opsi untuk membuat layer. Pilih ini dan sekarang Anda telah decoupled drop shadow.
  2. Sekarang Anda ingin mengubah arah bayangan. Untuk melakukan ini gunakan menu di bagian atas layar. Tekan Edit> transform> condong. Gunakan dua titik jangkar teratas untuk menyeret bayangan keluar. Dalam contoh ini saya akan menyeret bayangan ke kanan. Anda dapat menyesuaikan seberapa banyak Anda ingin bayangan datang dari samping. Dalam hal ini saya akan menyeret ke sekitar 45 derajat.
  3. Bayangannya sekarang sangat panjang, sehingga Anda dapat menyesuaikan ini juga. Pergi ke Edit> transform> scale. Anda sekarang dapat menyesuaikan panjang bayangan dengan menyeret jangkar atas ke atas atau ke bawah. Dalam hal ini panjang bayangan telah dipersingkat.
  4. Akhirnya Anda harus membengkokkan bayangan sehingga masih cocok dengan objek yang melemparnya. Anda harus memastikan bahwa alas bayangan masih bersentuhan dengan alas obyek. Edit> transform> warp. Gunakan titik jangkar untuk memastikan bayangan berada di posisi yang benar.

Langkah Akhir

  1. Bayangan ini harus lebih kuat di dekat pangkalan, dan lebih tersebar, lebih ringan di dekat bagian atas. Anda harus membuat layer bayangan kedua. Pilih layer bayangan Anda dan pergi ke Layer> layer duplikat. Anda sekarang memiliki lapisan bayangan kedua.
  2. Langkah pertama adalah menyesuaikan kekuatan bayangan. Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu menyesuaikan kekuatan isian lapisan. Tab isian dapat ditemukan di menu lapisan.
  3. Sesuaikan lapisan bayangan gelap menjadi sekitar 90% dan lapisan bayangan terang menjadi sekitar 40%. Hapus centang ikon mata di sebelah kiri layer. Anda dapat melihat kekuatan bayangan dilemparkan oleh lapisan bayangan alternatif.
  4. Sekarang, sesuaikan ketajaman bayangan. Seharusnya lebih menyebar lebih jauh dari objek yang menjadi. Untuk melakukan ini, Anda harus menambahkan Gaussian blur.
  5. Untuk menerapkan efek ini, buka filter> blur> Gaussian blur. Lapisan bayangan cahaya harus memiliki radius piksel sekitar 25, dan lapisan bayangan gelap sekitar 5. Anda dapat membuat bayangan lebih tajam atau lebih tersebar dengan menyesuaikan jari-jari piksel sesuai keinginan Anda.
  6. Selanjutnya adalah menerapkan gradasi sehingga bayangan Anda berubah dari yang lebih gelap menjadi lebih terang dalam transisi yang mulus. Poleskan mask putih ke lapisan bayangan gelap Anda.
  7. Sekarang pilih alat gradasi pada menu sebelah kiri. Pastikan latar belakang Anda diatur ke putih, dan latar depan diatur ke hitam.
  8. Pilih satu titik di sekitar setengah jalan melalui bayangan, dan seret gradasi kembali melalui objek yang melemparkan bayangan. Semakin Anda lulus ini, semakin lama garis yang dibutuhkan.
  9. Sekarang seret layer mask Anda ke layer bayangan cahaya, dicapai dengan menekan opsi sambil menyeret layer. Untuk menyelesaikan, balikkan lapisan ini, dan Anda memiliki hasil akhir.

Bagaimana Cara Membuat Bayangan Pada Tempat Pemandangan di Photoshop

Lihatlah Sumber Cahaya

Pengomposisian pada gambar di dalam bagian dimana ada cahaya alami yang membutuhkan perhatian dan kepedulian. Satu dari aspek yang sangat penting di tambahkan sebuah bayangan pada sebuah paduan gambar.

Untuk melakukan ini, Anda harus melihat dimana ada bayangan jatuh atau terlihat. Ini maksudnya adalah ketika melihat objek pada bagian Anda untuk mencari dimana arah datangnya cahaya berasal.

Pada bagian yang terpilih pada tutorial ini , cahaya ada di depan kamera. Itu juga di kelilingi oleh hutan bambu.

Tempelkan Objek Anda Ke Tempat Pemandangan

Objek kali ini adalah seseorang. Di mana seseorang tersebut telah di ambil dari foto yang di ambil pada waktu yang sama dengan foto hutan bambu. Pencahayaan akan konsisten pada model dengan sisa pemandangan.

Berikut caranya :

  1. Buat layer baru dan tempelkan seorang tadi ke dalam tempat pemandangan.
  2. Ukuran model. Seorang tersebut harus dibuat lebih kecil, agar sesuai dengan gambar pemandangan tadi. Untuk melakukan itu pergi ke menu Edit> Free Transform. Sekarang gunakan anchor points untuk mengurangi ukuran orang tadi. Tahan tombol shift kebawah untuk semuanya tetap proporsional.
  3. Tempatkan model di jalan dengan menggunakan alat bergerak, ditemukan di bilah menu kiri atas.

Contohnya point ke dua, saya menggunakan pagar sebagai titik referensi untuk tinggi model.

Bentuk Bayanganmu

Ulangi tiga langkah yang dijelaskan di atas untuk membuat drop shadow dari model Anda. Sekali lagi ini akan menjadi bayangan yang keras, dan akan terlihat tidak alami.

Tidak ada bayangan dalam adegan ini. Tetapi jika Anda memiliki gambar dengan bayangan yang ada, gunakan warnanya saat membuat yang baru. Gunakan alat dropper untuk ini.

Sekarang ambil layer shadow Anda, dan gunakan alat transformasi gratis. Kali ini Anda ingin membawa bayangan ke depan, karena sumber cahaya utama datang dari balik hutan bambu. Raih jangkar atas dan seret ke depan, lalu perpanjang bayangan sesuai keinginan Anda.

Di foto ini saya menyimpan bayangan di dalam bingkai, dan mendorongnya sedikit ke kiri. Untuk mengubah sudut bayangan pergi ke edit> transform> skew.

Anda mungkin sekali lagi perlu menggunakan fungsi warp di dalam transformasi untuk memastikan bayangan masih terhubung ke model.

Lembutkan Bayangan.

Anda sekarang perlu melunakkan bayangan. Gunakan prosedur yang sama seperti sebelumnya. Ikuti langkah 1-4 di bagian “sentuhan akhir” pada artikel ini.

Perbedaan utama di sini adalah bahwa bayangan akan lebih tersebar untuk foto ini. Dalam bayangan yang lebih gelap, jari-jari piksel Gausian blur diatur ke 25, dan bayangan yang lebih terang diatur ke 50.

Kesimpulan Cara Membuat Bayangan di Photoshop

Anda dapat menggunakan Photoshop untuk mendapatkan banyak efek berbeda. Dan ada metode alternatif di luar sana untuk membuat bayangan.

Pernahkah Anda mencoba membuat bayangan Anda sendiri di Photoshop? Seperti apa alur kerja Anda?

Jika Anda baru mengenal teknik ini, saya harap Anda akan menikmati ini, dan coba sendiri. Seperti biasa tolong tinggalkan pikiran Anda, dan setiap gambar yang Anda miliki di bagian komentar.

Akhiran Cara Membuat Bayangan di Photoshop

Sebenarnya, sebuah desain ataupun karya yang akan dibuat pada aplikasi Adobe Photoshop sangatlah mudah untuk dikerjakan dan pelajari. Tergantung dari kitanya yang mau berusaha atau tidak.

Ini bukan berarti semua aspek yang ada pada desain ada solusinya. Ada beberapa yang tidak bisa dipelajari sendiri atau harus dari materi, ilmu dari sumber lain.

Nah, untuk kalian yang masih awam dalam penggunaan Adobe Photoshop, saya sarankan untuk belajar terlebih dahulu dasar-dasarnya. Barulah kalian pelajari cara-cara yang dibutuhkan untuk desain yang akan Anda kerjakan.

Mungkin itu dulu yang bisa saya sampaikan kepada Anda, sekian dan terimakasih telah mampir. Semoga Anda bisa mahir dalam editing pada aplikasi Adobe Photoshop dab bisa dipelajari dengan maksimal. Kurang lebihnya mohon dilebihkan (hehe becanda). Terimakasih. ^^

See you on the next post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *