Cara Menghaluskan Wajah di Photoshop

7 min read

Cara Menghaluskan Wajah di Photoshop

Cara menghaluskan wajah di Photoshop – Ketika Anda mengambil gambar wajah diri sendiri, seringkali Anda tidak pede dengan apa yang ada di wajah Anda. Contohnya ada sebuah noda atau flek pada wajah. Kemudian Anda ingin menghilangkannya.

Nah, di sini saya akan memberikan sebuah informasi cara menghaluskan wajah pada foto yang bernoda atau flek di aplikasi Photoshop.

Cara Menghaluskan Wajah di Photoshop

Kali ini saya menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CC akan tetapi tutorial dibawah ini sepenuhnya kompatibel dengan Photoshop CS6 dan sebelumnya.

Cara Menghaluskan Wajah di Photoshop : Membuat salinan dari gambar

Dengan gambar yang telah di buka di photoshop, panel layer akan menampilkan gambar pada layer background. Sebelum menghaluskan wajah, mulai dengan menghilangkan noda atau cacat  yang tidak diinginkan. Untuk melindungi gambar aslinya, kamu harus mengerjakannya pada layer tersendiri.

Membuat salinan layer backlground dengan menekan dan menahan tombol Alt (Win) / Option (Mac) pada keyboard Anda. Klik Pada layer background dan tarik hingga ke icon layer baru di bawah panel layer bawah.

Gambar 1

Pada kotak dialog duplikat Layer, beri nama layer “Spot Healing” dan kemudian klik “OK”

Gambar 2

Salinan gambar muncul di lapisan baru bernama “Spot Healing” di atas aslinya :

Gambar 3

Cara Menghaluskan Wajah di Photoshop : Pilih titik Healing Brush

Pilih “Spot Healing Brush” pada menu Toolbar:

Gambar 4

Cara Menghaluskan Wajah di Photoshop : Setel titik Healing Brush Ke “Content Aware”

Pastikan bahwa opsi Tipe pada Options Bar di setel Ke Content-Aware:

Gambar 5

Cara Menghaluskan Wajah di Photoshop : Klik Pada titik Wajah yang ingin di ubah

Klik pada cacat pada wajah yang tidak di inginkan dengan “Spot Healing Brush” untuk menghilangkan semua itu. Photoshop mudah menghilangkan noda atau cacat dengan menggantikan tekstur yang bermasalah dengan tekstur wajah yang bagus di sekitar area tersebut.

Untuk hasil terbaik, buat kuas Anda sedikit lebih besa dari noda. Untuk mengubah ukuran kuas, tekan tombol “Braket sebelah kanan” ( ] ) pada keyboard Anda agar membuat kuas lebih besar. Sedangkan untuk memperkecil kuas Anda harus menekan tombol “Braket sebelah kiri” ( [ ).

Apabila noda atau cacat tidak sepenuhnya hilang pada percobaan pertamam, coba undo dengan menekan tombol CTRL+Z (Win) / Command+Z (Mac).

Contoh : Menghilangkan Wajah bernoda atau cacat dengan titik Healing Healing Brush

Jika kita lihat pada gambar wajah di sebelah atas kepala, kita dapat melihat ada noda pada bagian atas wajah. Saya akan posisikan Spot Healing Brush pada bagian tersebut, dan saya akan membuat kuas lebih besar dari noda tersebut.

Gambar 6

Untuk menghapus cacat atau noda, saya akan meng-klik dengan Spot Healing Brush. Analisa photoshop pada area yang saya klik, akan mencari tekstur wajah yang bagus pada area sekitarnya dan kemudian memadukan tekstur yang bagus ke dalam area yang bermasalah tadi seperti semacam sihir.

Masalah tersebut telah teratasi:

Gambar 7

Saya akan melakukan hal yang sama terhadap cacat atau noda yang lainnya pada wajah bagian atas. Tetap gunakan Spot Healing Brush lebih besar ukurunnya dari area yang harus di benahi.

Gambar 8

Setelah semua cacat atau noda telah dihilangkan makan hasilnya akan seperti di bawah ini.

Gambar 9

Menghapus noda atau cacat bukanlah pilihan

Saat Anda merapikan kembali kulit, ingatlah bahwa walaupun tidak masalah untuk menghilangkan masalah sementara seperti jerawat atau masalah kulit kecil lainnya, biasanya tidak apa-apa untuk menghapus fitur permanen seperti tahi lalat atau bahkan bekas luka tertentu.

Karena ini adalah bagian dari apa yang membuat seseorang siapa mereka. Lagipula, tujuan retouching gambar adalah untuk membantu orang terlihat terbaik, bukan untuk membuat mereka terlihat seperti orang lain

Menyelesaikan Pembersihan Kulit Awal

Terus kerjakan di sekitar wajah orang itu untuk menghilangkan noda yang tersisa. Inilah perbandingan berdampingan tentang bagaimana kulit wanita itu tampak seperti aslinya (kiri) dan setelah beberapa perbaikan cepat dengan Spot Healing Brush (kanan).

Pada sebagian besar foto, pembersihan kulit awal ini seharusnya tidak lebih dari beberapa menit.

Cara Menghaluskan Wajah di Photoshop : buat salinan layer “Spot Healng”

Setelah menghilangkan noda pada wajah, maka kita siap menghaluskan dan melembutkan kulit, dan sekali lagi yang terbaik adalah bekerja pada lapisan yang terpisah. Yaitu membuat salinannya.

Pada kotak dialog Duplika Layer, beri nama layer “Smooth Skin” dan kemudian klik Ok:

Gambar 10

Sekaran terdapat 3 layer pada bar layer.

Cara Menghaluskan Wajah di Photoshop : Terapkan Finter Pass Tinggi

Untuk menghasilkan kulit halus, kita akan menggunakan filter High Pass Photoshop. Buka menu “Filter” pada bilah menu, pilih “Other”, lalu pilih “High Pass” :

Gambar 11

Mengapa memilih “High Pass Filter” sangat bagus menghaluskan kulit

Jika Anda terbiasa dengan filter Pass Tinggi, kemungkinan besar karena Anda telah menggunakannya untuk mempertajam gambar di Photoshop. Meskipun kita akan menggunakan High Pass untuk menghaluskan kulit, bukan menajamkannya, banyak langkahnya sama.

Filter High Pass mencari tepi pada gambar dan menyorotnya. Sebuah tepi adalah area di mana ada, perubahan mendadak besar dalam kecerahan atau warna antara piksel tetangga. Dengan foto potret, ujung-ujungnya biasanya di sepanjang rambut orang itu, di sekitar mata, mulut, dan sebagainya.

Tekstur kulit, di sisi lain, memiliki jumlah detail yang relatif rendah dengan transisi yang lebih mulus. Area ini tidak dianggap sebagai tepi, jadi daripada menyorotnya, filter High Pass mengisi area ini dengan warna abu-abu netral.

Jika kita mempertajam gambar, filter Pass Tinggi akan memungkinkan kita untuk mempertajam tepi (detail) tanpa mempengaruhi kulit. Tetapi untuk menghaluskan kulit, kami menggunakan High Pass untuk alasan yang berlawanan.

Kami akan mendeteksi ujung-ujungnya bukan agar kami bisa menajamkannya, tetapi supaya kami bisa menghaluskan dan melembutkan semuanya kecuali tepinya. Mari kita lihat cara kerjanya.

Nilai Radius

Filter Pass Tinggi mendeteksi tepi dan menyoroti mereka, dan opsi Radius di bagian bawah kotak dialog Pass Tinggi mengontrol “ketebalan” dari menyoroti tepi. Dengan kata lain, setelah Photoshop mendeteksi tepi, nilai Radius memberi tahu berapa banyak piksel di kedua sisinya untuk dimasukkan sebagai bagian dari tepi.

Nilai Radius Rendah hanya akan menyoroti detail terbaik dalam gambar. Tetapi untuk memastikan kita tidak berakhir melunakkan detail-detail penting ini, kita perlu menyoroti area di sekitarnya juga, yang berarti kita membutuhkan nilai Radius yang lebih besar.

Untuk bidikan potret biasa, jari-jari 24 piksel berfungsi dengan baik:

Gambar 12

Jika subjek Anda lebih jauh kembali ke foto, atau Anda bekerja pada gambar dengan resolusi lebih rendah, nilai Radius yang lebih kecil dari 18 piksel atau bahkan 12 piksel mungkin bekerja lebih baik.

Mengapa nilai spesifik ini? Itu karena penting untuk langkah berikutnya bahwa Anda memilih nilai Radius yang mudah dibagi 3. Sebagai contoh, 24 dibagi 3 adalah 8, 18 dibagi 3 adalah 6, dan 12 dibagi 3 adalah 4. Bagus, angka mudah. Sekali lagi, kita akan melihat mengapa di langkah selanjutnya.

Klik OK untuk menutup kotak dialog Pass Tinggi. Gambar Anda sebagian besar akan berubah menjadi abu-abu. Area abu-abu yang solid adalah area non-tepi dengan sedikit atau tanpa detail, seperti kulit, sementara lingkaran cahaya besar, kontras tinggi menyoroti tepi:

Gambar 13

Cara Menghaluskan Wajah di Photoshop : Terapkan filter Gaussian blur

Kita perlu mengaburkan efek filter Pass Tinggi. Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tetapi keburaman sebenarnya akan membantu mengeluarkan tekstur yang lebih baik di kulit. Buka menu Filter , pilih Blur , lalu pilih Gaussian Blur :

Gambar 14

Di kotak dialog Gaussian Blur, setel nilai Radius tepat sepertiga dari nilai yang Anda gunakan untuk filter Pass Tinggi. Dalam kasus saya, saya mengatur radius Pass Tinggi ke 24 piksel, jadi saya akan mengatur radius Gaussian Blur ke sepertiga dari itu, yaitu 8 piksel. Klik OK untuk menutup kotak dialog:

Gambar 15

Dengan blur diterapkan, efek High Pass sekarang terlihat lebih lembut dan kurang detail:

Gambar 16

Cara Menghaluskan Wajah di Photoshop : Ubah Blend Mode Layer untuk Linear Light

Pada panel Layers, ubah blending mode dari layer “Smooth Skin” dari Normal ke Linear Light :

Gambar 17

Ini memadukan hasil Pass Tinggi dengan gambar, menciptakan kontras tinggi, efek terlalu tajam. Ini mungkin terlihat mengerikan, tetapi jangan khawatir. Akan terlihat lebih buruk lagi dalam sesaat:

Gambar 18

Cara Menghaluskan Wajah di Photoshop : Invert Layer

Buka menu Image , pilih Adjustments, lalu pilih Invert :

Gambar 19

Dengan lapisan terbalik, gambar berubah dari terlalu tajam menjadi tampak seperti kekacauan aneh dan kabur dengan lingkaran cahaya jelek di sekitar segalanya:

Cara Menghaluskan Wajah di Photoshop : Buka Blending Option

Untuk mengurangi efek halo, klik icon pada Layer Styles di bagian bawah panel Layers :

Gambar 20

Pilih Blinding Options pada bagian atas daftar

Gambar 21

Cara Menghaluskan Wajah di Photoshop : Seret Slider “Blend If”

Di kotak dialog Layer Style, cari slider Blend If di bagian bawah. Ada dua setingan slider, satu berlabel “this layer” dan satu di bawahnya berlabel “Underlying Layer”. Kita membutuhkan slide atas (salah satu label “This Layer”) :

Gambar 23

Perhatikan bilah geser di bawah setiap ujung bilah gradien. Slider ini mengontrol bagaimana lapisan “Smooth Skin” berpadu dengan gambar di bawahnya berdasarkan tingkat kecerahan dari lapisan.

Slider di sebelah kiri digunakan untuk memadukan area yang gelap dari layer. Untuk slider di sebelah kanan memadukan area yang lebih terang :

Gambar 24

Mengurangi lingkaran Cahaya

Mulailah dengan mengurangi lingkaran cahaya ringan. Tekan dan tahan tombol ALT (Win) / Option (Mac) pada keyboard Anda. Klik pada slide kanan dan lanjut tarik sampai menuju bagian kiri. Tahan tombol ALT (Win) / Option (Mac) memberi tahu photoshop untuk membagi slider menjadi dua. Sehingga saat Anda menyeret, hanya sisi kiri slider yang bergerak sementara sisi kanan tetep di tempatnya.

Lihat gambar Anda saat Anda menyeret slider dan Anda akan melihat lingkaran cahaya yang terang menghilang. Seret penggeser hampir ke kiri untuk mengurangi sebanyak mungkin cahaya:

Gambar 25

Maka hasilnya seperti di bawah ini.

Gambar 26

Mengurangi Dark Halo

Untuk mengurangi lingkaran cahaya yang lebih gelap, tekan dan tahan tombol Alt (Win) / Option (Mac) Anda, klik slider di sebelah kiri dan seret bagian kanannya ke kanan.

Sekali lagi, Anda harus menyeret hampir semua jalan ke kanan agar sebagian besar lingkaran hitam menghilang. Klik OK ketika Anda selesai untuk menutup kotak dialog Layer Style:

Gambar 27

Dan inilah gambar setelah meyeret kedua slider. Maka kulitnya akan sangat halus semuanya. Tapi kami akan memperbaikinya selanjutnya :

Gambar 28

Cara Menghaluskan Wajah di Photoshop : Tambahkan Sebuah Layer Mask

Untuk membatasi efek perataan hanya pada kulit, tambahkan layer mask. Kembali ke panel Layers, tekan dan tahan tombol Alt (Win) / Option (Mac) pada keyboard Anda dan klik ikon Add Layer Mask :

Gambar 29

layer mask thumbnail hitam penuh muncul pada lapisan “Kulit Halus”. Ini menyembunyikan efek smoothing dari pandangan sehingga kita bisa mengecatnya kembali hanya di tempat kita membutuhkannya:

Gambar 29

Cara Menghaluskan Wajah di Photoshop : Pilih Alat Kuas

Pilih Brush Tool dari toolbar

Gambar 30

Cara Menghaluskan Wajah di Photoshop : Atur Warna kuas Anda Menjadi Puth

Pastikan Foreground color Anda (warna kuas) diatur ke putih . Anda dapat melihat warna Foreground dan Background Anda saat ini dalam color swatches  di dekat bagian bawah Toolbar. Swatch di kiri atas adalah warna Foreground. Jika tidak diatur ke putih, tekan huruf D pada keyboard Anda untuk dengan cepat mengatur ulang warna ke default-nya:

Gambar 31

Cara Menghaluskan Wajah di Photoshop : Cat Over pada Wajah

Sebelum Anda mulai melukis, periksa opsi kuas Anda di Bilah Opsi. Pastikan bahwa Mode (kependekan Blend Mode) diatur ke Normal , Opacity adalah pada 100% dan Flow juga di 100%

Gambar 32

: Kemudian cat di atas kulit untuk mengungkapkan efek menghaluskan. Kuas tepi lembut akan bekerja paling baik. Kita sudah tahu bahwa kita dapat mengubah ukuran kuas dari keyboard menggunakan tombol braket kiri dan kanan.

Tambahkan tombol Shift untuk mengubah kekerasan sikat. Tekan Shift dan tombol braket kiri untuk membuat sikat lebih lembut, atau Shift dan tombol braket kanan untuk membuat sikat lebih keras.

Contoh lukisan untuk mengungkap kulit yang halus

Saya akan mulai dengan mengecat dahinya. Karena kita melukis pada layer mask, bukan pada layer itu sendiri, kita tidak melihat warna kuas saat kita melukis. Sebagai gantinya, kami mengungkapkan efek penghalusan di area tempat kami telah melukis:

Gambar 33

Selanjutnya, saya akan mengecat hidungnya, pipinya, dan di sekitar matanya untuk memperlihatkan kulitnya lebih halus di area itu. Sesuaikan ukuran kuas Anda saat Anda pergi untuk menghindari mengecat detail yang seharusnya tetap tajam.

Jika Anda tergelincir dan melukis di area yang salah, tekan huruf X pada keyboard Anda untuk mengatur warna kuas Anda menjadi hitam , dan kemudian melukis di atas kesalahan untuk menyembunyikan efek smoothing.

Tekan X lagi untuk mengatur warna kuas Anda kembali ke putih dan terus melukis untuk menghaluskan dan melembutkan kulit:

Gambar 34

Akhirnya, saya akan melukis di sekitar mulutnya dan di atas dagunya untuk menghaluskan dan melembutkan area tersebut, sementara pada saat yang sama berhati-hati untuk menghindari bibirnya:

Gambar 35

Melihat Layer mask

Untuk melihat dengan tepat di mana Anda telah melukis, tekan dan tahan tombol Alt (Win) / Option (Mac) Anda dan klik thumbnail layer mask di panel Layers:

Gambar 36

Ini mengalihkan pandangan Anda dari gambar ke layer mask. Area putih di topeng adalah tempat Anda melukis untuk mengembalikan perataan kulit. Area hitam adalah ketika efek smoothing tetap tersembunyi.

Ini terlihat agak menyeramkan, tetapi melihat topeng adalah cara yang bagus untuk memastikan Anda tidak melewatkan bintik-bintik, dan Anda dapat melukis langsung pada topeng jika diperlukan.

Untuk beralih kembali ke gambar Anda, sekali lagi tekan dan tahan Alt (Win) / Option (Mac) dan klik pada thumbnail layer mask:

Gambar 37

Cara Menghaluskan Wajah di Photoshop : Turunkan nilai Opacity Layer

Pada titik ini, kami telah menghaluskan dan melembutkan kulit, tetapi efeknya terlalu kuat. Untuk menguranginya, turunkan opacity dari lapisan “Kulit Halus”.

Secara umum, nilai opacity antara 40% dan 60% berfungsi paling baik, tetapi itu akan tergantung pada gambar Anda. Saya akan mengatur tambang menjadi 50%

Gambar 38

Dan selesai sudah. Di bawah ini hasilnya.

Gambar 39

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *