Tujuh Perbedaan Notebook dan Laptop

3 min read

perbedaan notebook dan laptop

Notebook dan laptop menjadi dua perlengkapan yang nyaris dimiliki oleh semua orang. Namun, pernah nggak sih kamu bertanya-tanya perbedaan notebook dan laptop?

Kalau dilihat sekilas, keduanya memang terkesan sama. Meskipun sebenarnya keduanya beda loh.

Nah, buat kamu yang lagi bingung nentuin beli notebook atau laptop, tentu harus benar-benar tahu perbedaan notebook dan laptop ya.

Hal ini agar nggak sampai salah beli. Apalagi mengingat, bahwa keperluan tiap orang itu beda-beda. So, kalau temen kamu belinya laptop, kamu nggak meski beli laptop kok.

Sesuaikan aja sama keperluan kamu. Ia kan? Tanpa berlama-lama, berikut adalah perbedaan notebook dan laptop yang meski kamu tahu.

Perbedaan Notebook dengan Laptop

Dua benda ini memang sudah sangat akrab dengan manusia. Namun siapa sangka, bahwa belum banyak yang tahu perbedaan keduanya.

Bahkan, nggak sedikit loh yang menganggap bahwa laptop dengan notebook itu sama aja. Duh.

1. Ukuran layar

laptop

Perbedaan notebook dan laptop yang pertama adalah ukuran layarnya. Kalau perbedaan satu ini sih semua orang tahu ya. Karena bisa dilihat Cuma dari penampilannya doang.

Di mana, laptop memang mempunyai ukuran  layar yang lebih sedikit gede dibandingkan dengan notebook.  Ukuran layar laptop biasanya lebih dari 17 inchi ya.

Sementara layar notebook mah paling ya 6 hingga 13 inchi. Jadi,kalau lagi nongkrong atau dimana gitu, kamu sudah bisa menentukan mana yang laptop dan mana yang notebook.

Bagi kamu yang memang suka dengan layar gede, tentu laptop bisa menjadi pilihannya. Tapi kalau kamu adalah tipe yang suka dengan benda-benda mungil, ya sudah pasti milih notebook lah ya.

2. Berat

Perbedaan notebook dan laptop yang kedua berasal dari beratnya. Jadi, selain beda di ukuran layar, keduanya juga berbeda di bagian bobotnya.

Ya secara nalar aja sih. Kalau layarnya makin gede, udah pasti bobotnya makin berat. Laptop sendir mempunyai bobot mulai dari 3 kg sampai 5 kg. 

Sementara bobotnya notebook hanya sekitar 1 hingga 2 kg doang.

Salah satu alasan kenapa masih banyak yang membeli notebook adalah karena bobotnya yang lebih ringan, sehingga lebih nyaman dibawa kemana-mana.

Tapi kalau buat sekarang, susah sih menentukan perbedaan notebook dan laptop.

Karena berkat teknologi yang luar biasa, mulai banyak perusahaan yang mencoba menciptakan laptop dengan bobot yang bahkan lebih enteng dibandingkan dengan notebook.

3. Spesifikasi

Perbedaan yang kedua adalah dari segi spesifikasinya. Dan ini menjadi bagian yang paling penting sih. Karena akan menjadi penentu apakah kamu akan menggunakan laptop atau notebook.

Nah, sederhananya gini, spesifikasi laptop lebih bagus dan lebih tinggi jika dibandingkan dengan spesifikasi notebook, meskipun keduanya ya sama-sama bisa dibawa kemana-mana.

Jadi, kalau kamu butuh perangkat yang siap digunakan untuk hal-hal yang berat, kayak desain, gaming, editing, dan lain sebagainya, sudah barang tentu bagusan laptop ya.

Tapi kalau butuhnya Cuma buat nugas, atau sekedar nonton drakor mah, notebook cukup lah ya. Saran saya sih, sebelum membelinya, kamu harus mempertimbangkannya terlebih dahulu.

Dengan mempertimbangkan berbagai kemungkinan-kemungkinan yang ada. Misal, kemungkinan bahwa besok-besok kamu pengen main game di laptop. Ia kan? Hehehe.

4. Grafis

Perbedaan lain antara notebook dengan laptop berasal dari desain grafisnya.

Secara umum, VGA pada laptop mempunyai kapasitas yang jauh lebih mumpuni dibandingkan dengan notebook. Sehingga akan sangat mendukung performa tampilannya.

Sementara VGA notebook sendiri lebih kecil. Tapi tenang saja, karena saat ini, sudah ada kok beberapa notebook yang dibekali dengan VGA yang mumpuni.

Sehingga mempunyai performa yang nggak kalah bagus dengan laptop.

5. Ruang penyimpanan atau RAM

RAM Laptop

Kalau dari segi desain grafis kan lebih unggul laptop nih. Nah, kalau dari segi kapasitas RAM kira-kira lebih bagus mana ya?

Secara umum, kapasitas RAM laptop lebih besar ya dibandingkan sama kapasitas RAM yang ada di notebook.

Tapi, dengan adanya perkembangan zaman, mulai bermunculan notebook yang dibekali dengan kapasitas RAM yang nggak kalah gedenya dengan laptop.

Sehingga, memungkinkan kamu buat mengupgradenya ke ukuran yang lebih besar.

Bagi sebagian orang mah, kapasitas RAM menjadi hal yang sangat penting ya. Apalagi mengingat, bahwa mengupgrade atau menambah kapasitas RAM lumayan gede biayanya. Hehehe.

6. Daya tahan baterai

Perbedaan notebook dan laptop

Bagi seorang mahasiswa, mempunyai perangkat komputer yang bisa bertahan dalam waktu lama adalah hal yang sangat penting.

Karena ada kalanya mereka meski membawa laptop ke kampus demi mendapatkan materi, atau sekedar mengerjakan tugas.

Maka, untuk memenuhi keperluan tersebut, tentu kamu harus memilih perangkat yang daya tahan baterainya cukup lama. Ia kan?

Kira-kira, antara laptop dan notebook, mana yang daya tahan baterainya lebih besar?

Umumnya, notebook mempunyai daya tahan baterai yang lebih lama daripada daya tahan baterai pada laptop loh.

Meskipun demikian, tetap saja, lama atau tidaknya baterai juga akan terpengaruh oleh penggunaan.

Jika hanya kamu gunakan untuk mendengarkan music dan ngetik-ngetik mah, keduanya bisalah menemani kamu sampai 3 jam-an.

7. Letak DVD Rom

Perbedaan yang terakhir berikutnya adalah letak DVD Rom. Dan ini menjadi perbedaan yang cukup terlihat antara keduanya.

Kalau pada laptop, DVD room ini berguna untuk membaca kaset yang kamu masukkan ke dalamnya. Sementara pada notebook? Ya nggak ada DVD roomnya.

Sehingga, kalau kamu mau membaca kaset di notebook, kamu meski membeli DVD eksternalnya terlebih dahulu.

Penutup

Oke, itulah dia beberapa perbedaan keduanya yang memang harus kamu tahu. Kesimpulannya sederhana sih, bahwa keduanya itu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sama seperti manusia. Hehehe. Untuk laptop sendiri mempunyai keunggulan di bidang layar, RAM, dan performanya sangat baik.

Hanya saja, dengan ukuran layar yang lebih besar tersebut menjadikan bobotnya lebih berat.

Sementara notebook sendiri merupakan perangkat yang simple, mudah kamu bawa kemana-mana, dengan daya baterai yang jauh lebih baik.

Sayangnya, ukuran dari notebook memang cukup kecil, sehingga membuat layarnya juga kecil.

Baca jugaCara Agar Laptop tidak Lemot Dengan Mudah

Jelas kan? Maka, keputusan hendak dan akan membeli salah satu di antara keduanya ada di tangan kamu. Bebas memilih ya. Heheh.

Maka sebelum benar-benar membelinya, pastikan dahulu bahwa kamu mengenali dan mengetahui kebutuhan kamu.  

Kalau kamu butuh perangkat yang bisa kamu jinjing untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang sederhana.

Seperti mengolah data di excel, mengetik dokumen di word, tentu pilihan yang sangat tepat buat kamu hanya notebook.

Tapi, kalau pekerjaan yang harus kamu kerjakan cukup berat, membutuhkan berbagai software berat, dan lain sebagainya, maka laptop bisa menjadi pilihan yang tepat.

Yuk tentukan dulu keperluan kamu dari sekarang, lalu kepoin merk laptop atau notebooknya, lengkap dengan spesifikasi yang ada.

Cek harga di internet, dan kunjungi tempat jual laptop dan notebook terdekat. Jangan sampai salah pilih. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *