Teknik Komputer Jaringan

4 min read

Teknik komputer jaringan

Apakah Anda tertarik dengan sebuah jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan)? Apa Anda masih bingung menentukan mau masuk ke jurusan ini atau tidak? Apakah lulusan dari Teknik Komputer Jaringan bisa bekerja di Pabrik atau sebuah instansi? Apa sih sebenarnya Teknik Komputer Jaringan itu ? Mari kita coba bahas bersana disini.

Nah, kami telah mencoba mengumpulkan beberapa informasi untuk Anda mengenai jurusan Teknik Komputer Jaringan. Untuk itu silahkan Anda simak dan baca informasinya pada artikel di bawah ini.

Apa itu Teknik Komputer Jaringan?

Teknik Komputer dan Jaringan merupakan ilmu berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkait kemampuan algoritma, dan pemrograman komputer, perakitan komputer, perakitan jaringan komputer, dan pengoperasian perangkat lunak, dan internet.

Teknik komputer, dan jaringan juga membutuhkan pemahaman di bidang teknik listrik, dan ilmu komputer sehingga mampu mengembangkan, dan mengintegrasikan perangkat lunak, dan perangkat keras

Materi yang Dipelajari di Jurusan Teknik Komputer Jaringan

Dari waktu ke waktu, kebutuhan manusia akan jaringan komputer terus meningkat. Setiap orang menuntut untuk bisa terhubung dengan orang lain walau terhalangi oleh jarak yang ratusan atau bahkan ribuan kilo. Setiap orang menuntut untuk dapat memperoleh informasi dengan cepat dan akurat.

Dengan segala tuntutan tentang jaringan komputer tersebut, siswa TKJ harus dibekali dengan meteri-materi yang sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja. Sehingga siswa lulusan TKJ memiliki skill untuk memenuhi segala tuntutan jaringan komputer di masa depan.

Materi yang akan dipelajari oleh siswa jurusan TKJ diantaranya adalah sebagai berikut :

Konfigurasi Cisco

Teknik komputer jaringan

Cisco merupakan salah satu perangkat jaringan (network device) terhandal yang saat ini beredar di dunia. Cisco biasanya digunakan untuk membangun jaringan skala menengah hingga besar. Hampir seluruh perusahaan besar di Indonesia pasti menggunakan cisco untuk membangun jaringannya.

Dalam rangka mempersiapkan siswa TKJ untuk dapat terjun ke dunia kerja, maka siswa TKJ dibekali dengan materi tentang cisco. Adapun materi-materi cisco yang akan dipelajari oleh siswa TKJ diantaranya adalah sebagai berikut :

  • BGP IPv6 MPLS
  • VLAN & Trunking Spanning Tree Etherchannel
  • Intervlan Routing VRRP Portsecurity
  • Routing Fundamental EIGRP OSPF

Materi diatas hanya sebagian kecil yang akan dipelajari di jurusan TKJ. Dengan menguasai materi-materi diatas, diharapkan siswa TKJ mampu membuat design (merencanakan) serta membangun jaringan skala menengan hingga besar seperti contoh berikut.

Setting Mikrotik

Teknik komputer jaringan

Selain cisco, saat ini juga beredar perangkat jaringan yang sangat terkenal, yaitu Mikrotik. Mikrotik banyak digunakan pada jaringan skala kecil hingga skala menengah. Di Indonesia, mikrotik berkembang dengan sangat pesat.

Hampir seluruh Internet Service Provider (Penyedia layanan internet) lokal menggunakan mikrotik sebagai perangkat jaringan utama. Selain itu, mikrotik juga banyak digunakan di perhotelan, perkantoran, jaringan sekolahan, dll.

Beberapa materi tentang yang dipelajari oleh siswa TKJ diantaranya adalah sebagai berikut :

  • IP Tunnel OSPF Load Balance
  • Bridge Wireless Static Routing
  • Firewall Filter Firewall Mangle Firewall NAT
  • Quality Of Service Hotspot VPN
  • BGP MPLS User Manager

Materi-materi diatas hanya sebagian kecil dari materi mikrotik yang akan dipelajari oleh siswa TKJ. Dengan menguasai materi-materi diatas, diharapkan siswa TKJ dapat mendesain dan membangun jaringan skala menengan seperti contoh berikut

Jaringan Wireless

Teknik komputer jaringan

Materi yang tidak kalah penting dari cisco dan mikrotik yang harus dipelajari oleh siswa jurusan TKJ adalah wireless. Hal ini dikarenakan banyak jaringan didunia yang dibangun diatas jaringan wireless, baik wireless indoor (dalam ruangan) maupun outdoor (luar ruangan).

Wireless indoor biasa digunakan untuk menghbungkan client ke jaringan internet, seperti HP, Gadget, Laptop, dll. Saat ini hampir setiap bangunan di dunia pasti memiliki jaringan wireless.

Terbukti setiap kita pergi ke suatu tempat, pasti ada hotspot yang terdeteksi di HP atau gadget kita. Sedangkan wireless outdoor digunakan untuk jaringan yang berjauhan, seperti jaringan antara Jakarta dengan Surabaya, jaringan antara Tangerang dengan Malang, dll.

Untuk saat ini, terdapat tiga perangkat jaringan wireless yang banyak digunakan, yaitu cisco wireless, mikrotik wireless, dan ubiquiti. Siswa TKJ diharuskan mampu melakukan konfigurasi pada ketiga perangkat wireless tersebut dengan baik.

Dengan menguasai materi wireless, diharapkan siswa TKJ mampu membangun jaringan wireless indoor maupun outdoor seperti contoh berikut

Wireless Indoor

Wireless Indoor Wireless Outdoor

Wireless Outdoor

Catatan : Masih banyak materi lainnya yang bisa kalian dapatkan, seperti Rakit bangun jaringan, komunikasi data dan seterusnya,

Prospek Kerja Siswa TKJ

Untuk saat ini, prospek kerja untuk siswa TKJ sangatlah besar, karena saat ini dunia internet berkembang dengan pesat dan internet dibangun oleh Network Engineer (Siswa TKJ). Beberapa gambaran prospek kerja sisa TKJ diantaranya adalah sebagai berikut

Network Designer

Tugas dari network disainer adalah membuat rancangan sebuah jaringan, mulai dari rancangan bentuk jaringan (topologi jaringan), biaya yang dikeluarkan, hingga konfigurasi yang paling efisien untuk membangun sebuah jaringan komputer.Teknik komputer Jaringan

 

Jaringan yang ditangani diantaranya adalah jaringan perkantoran ataupun antar kantor (LAN), jaringan antar kota (MAN), serta jaringan antar negara (WAN). Network desainer dituntut untuk mampu mendesain jaringan yang efektif, baik dari segi biaya, efektifitas perangkat yang digunakan, efektifitas jaringan yang dibangun, dll. Berikut salah satu contoh design jaringan komputer yang dibuat oleh network designer

Network Designer

 

Network Engineer

Tugas dari seorang network engineer adalah membangun sebuah jaringan. Jaringan yang akan ditangani oleh network engineer diantaranya adalah jaringan dalam sebuah kantor, antar kantor, antar kota, atau bahkan jaringan antar provinsi atau negara.

Untuk membangun jaringan komputer dengan skala menengah hingga besar, seorang network engineer dituntut untuk menguasai materi tentang cisco dan mikrotik dengan sangat mendalam. Selain itu seorang network engineer harus memiliki logika yang tinggi dan kemampuan problem solving (memecahkan masalah).

Berikut beberapa gambaran pekerjaan dari seorang network engineer

Network Operating Center

Sebuah jaringan komputer tidak akan selamanya berjalan dengan baik. Ada kalanya atau bahkan sering, jaringan komputer mengalami masalah-masalah yang terduga. Masalah-masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti human error (kesalahan manusia), bencana alam, gangguan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab (cyber crime), dll.

Untuk mengatasi masalah-masalah yang mungkin terjadi tersebut, harus ada orang yang melakukan monitoring jaringan, sehingga jika sewaktu-waktu jaringan mengalami masalah, masalah tersebut dapat diatasi dengan secepat mungkin.

Pekerjaan untuk melakukan monitoring dan maintenance (perbaikan) jaringan adalah tugas dari engineer yang bekerja dibagian Network Operating Center (NOC). Berikut gambaran pekerjaan engineer yang bekerja dibagian NOC

Lingkup Pekerjaan Umum

Bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh tamatan kompetensi keahlian teknik komputer, dan jaringan antara lain:

Jaringan Nirkabel (Wireless)

  1. Merancang, dan melakukan survey lapangan
  2. Membuat antenna
  3. Menginstalasi jaringan nirkabel
  4. Mengkonfigurasi peralatan
  5. Mengoperasikan jaringan nirkabel
  6. Administrator server
  7. Mengatur server
  8. Mengatur band width
  9. File sharing
  10. Memantau server
  11. Mengatur lalu lintas jaringan

Penyedia Jasa Layanan Internet (ISP)

  1. Mengidentifikasi kebutuhan keamanan jaringan
  2. Mendesain sistem keamanan jaringan
  3. Menginstalasi sistem keamanan jaringan
  4. Menginstalasi, dan administrasi server otentikasi
  5. Mengoperasikan sistem keamanan jaringan
  6. Monitoring keamanan jaringan

Instalasi Web Server

  1. Instalasi basis data server
  2. Instalasi server jaringan
  3. Instalasi sistem manajemen konten
  4. Instalasi, dan integrasi perangkat lunak kolaborasi

Admin Web

  1. Konfigurasi web
  2. Perawatan web
  3. Memantau jaringan
  4. Mengatur lalu lintas jaringan
  5. Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan area luas (Wide Area Network)
  6. Melakukan perbaikan, dan/atau mengatur ulang koneksi jaringan area luas (Wide Area Network)
  7. Memantau keamanan jaringan
  8. Melakukan perbaikan, dan/atau mengatur ulang koneksi jaringan

Integrator Komputer

  1. Merakit komputer
  2. Memperbaiki komputer
  3. Menginstalasi sistem operasi berbasis graphical user interface (GUI), dan text-based user interface (TUI)

Integrator VOIP

  1. Indentifikasi kebutuhan
  2. Merancang jaringan VOIP
  3. Instalasi softswitch

Admin Linux

  1. Melakukan instalasi sistem operasi Linux
  2. Melakukan perawatan sistem operasi Linux
  3. Melakukan virtualisasi

Integrator, dan Admin Jaringan

  1. Merancang bangun, dan menganalisa Wide Area Network
  2. Memasang jaringan lokal
  3. Melakukan instalasi perangkat jaringan area luas (Wide Area Network)
  4. Menginstalasi sistem operasi jaringan
  5. Menganalisa, dan memperbaiki kerusakan, kesalahan, atau kondisi tidak bekerjanya koneksi di sistem jaringan
  6. Merancang basis data web untuk content server

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *