Cara Kerja Wifi

5 min read

Gunakan Panggilan Melalui Jaringan WiFi

Teknologi Wifi. Apabila anda sering ke kafe, perpustakaan, bandara atau hotel, pasti sering menjumpai kata Free Wifi atau tersedia Wifi di sana. Tapi apakah anda sadar bagaimana cara kerja wifi? Awalnya juga saya sendiri tidak paham dengan ini. Maka dari itu saya akan beri penjelasannya kepada anda.

WiFi memiliki banyak keunggulan. Jaringan wireless mudah diatur dan useless. Pada artikel ini, mari kita bahas tuntas dari awal hingga akhir dari sebuah teknologi Wifi. Disini saya juga akan meninjau apa yang diperlukan untuk membuat jaringan wireless di rumah anda.

Apa itu WiFi?

cara kerja wifi
pixabay.com

Jaringan wireless menggunakan gelombang radio, seperti halnya ponsel, televisi, dan radio. Faktanya, komunikasi melalui jaringan wireless atau cara kerja wifi sangat mirip dengan komunikasi radio dua arah. Inilah yang terjadi:

  1. Adaptor wireless komputer menerjemahkan data menjadi sinyal radio dan mentransmisikannya menggunakan antena.
  2. Router wireless menerima sinyal dan menerjemahkannya. Router mengirim informasi ke Internet menggunakan koneksi Ethernet kabel fisik.

Proses ini juga bekerja secara terbalik, dengan router menerima informasi dari Internet, menerjemahkannya menjadi sinyal radio dan mengirimkannya ke adaptor wireless komputer.

Radio yang digunakan untuk komunikasi WiFi sangat mirip dengan radio yang digunakan untuk walkie-talkie, ponsel, dan perangkat lainnya. Mereka dapat mengirim dan menerima gelombang radio, dan mereka dapat mengubah 1 dan 0 menjadi gelombang radio dan mengubah gelombang radio kembali menjadi 1 dan 0. Tetapi radio WiFi memiliki beberapa perbedaan penting dari radio lain:

Mereka mentransmisikan pada frekuensi 2,4 GHz atau 5 GHz. Frekuensi ini jauh lebih tinggi daripada frekuensi yang digunakan untuk ponsel, walkie-talkie dan televisi. Frekuensi yang lebih tinggi memungkinkan sinyal untuk membawa lebih banyak data.

Baca juga : Cara Setting Mikrotik

Cara kerja Wifi menggunakan standar jaringan 802.11 dengan Versi Yang Berbeda

Berikut beberapa versi standard 802.11 dan versi terbarunya.

Versi lama.

1. 802.11a mentransmisikan pada 5 GHz dan dapat bergerak hingga 54 megabit data per detik. Dan juga menggunakan orthogonal frequency-division multiplexing (OFDM), teknik pengkodean yang lebih efisien yang membagi sinyal radio menjadi beberapa sub-sinyal sebelum mencapai penerima. Ini sangat mengurangi gangguan.

2. 802.11b adalah standar paling lambat dan paling murah. Untuk sementara, biayanya membuatnya populer, tetapi sekarang menjadi kurang umum karena standar yang lebih cepat menjadi lebih murah. 802.11b mentransmisikan dalam pita frekuensi 2,4 GHz dari spektrum radio. Ia dapat menangani hingga 11 megabit data per detik, dan menggunakan modulasi kode kunci pelengkap (CCK) untuk meningkatkan kecepatan.

3. 802.11g mentransmisikan pada 2,4 GHz seperti 802.11b, tetapi jauh lebih cepat – dapat menangani hingga 54 megabit data per detik. 802.11g lebih cepat karena menggunakan pengkodean OFDM yang sama dengan 802.11a.

4. 802.11n adalah standar yang paling banyak tersedia dan kompatibel dengan a, b dan g. Ini secara signifikan meningkatkan kecepatan dan jangkauan dibanding pendahulunya. Sebagai contoh, walaupun 802.11g secara teoritis memindahkan 54 megabit data per detik.

Itu hanya mencapai kecepatan dunia nyata sekitar 24 megabit data per detik karena kemacetan jaringan. 802.11n, bagaimanapun, dilaporkan dapat mencapai kecepatan setinggi 140 megabit per detik. 802.11n dapat mentransmisikan hingga empat aliran data. Masing-masing pada maksimum 150 megabit per detik, tetapi sebagian besar router hanya memungkinkan untuk dua atau tiga aliran.

Versi Baru :

5. 802.11ac adalah standar terbaru pada awal 2013. Ini belum diadopsi secara luas, dan masih dalam bentuk draft di Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). Akan tetapi, perangkat yang mendukungnya sudah ada di pasaran.

802.11ac kompatibel dengan 802.11n (dan karena itu yang lain juga), dengan n pada pita 2,4 GHz dan ac pada pita 5 GHz. Itu kurang rentan terhadap gangguan dan jauh lebih cepat dari pendahulunya, mendorong maksimum 450 megabit per detik pada satu aliran. Meskipun kecepatan dunia nyata mungkin lebih rendah.

Seperti 802.11n, ini memungkinkan transmisi pada beberapa aliran spasial – hingga delapan, secara opsional. Kadang-kadang disebut WiFi 5G karena pita frekuensinya, terkadang Gigabit WiFi karena potensinya melebihi gigabit per detik pada beberapa aliran dan kadang-kadang Very High Throughput (VHT) karena alasan yang sama.

6. Standar 802.11 lainnya fokus pada aplikasi spesifik jaringan wireless, seperti jaringan area luas (WAN). Jetika anda ada di dalam kendaraan atau teknologi yang memungkinkan anda berpindah dari satu jaringan wireless ke jaringan lainnya tanpa hambatan.

7. Terakhir, Radio WiFi (Terbaru).  dapat mentransmisikan pada salah satu dari tiga pita frekuensi. Atau, mereka dapat “frekuensi hop” dengan cepat antara band yang berbeda. Frequency hopping membantu mengurangi interferensi dan memungkinkan beberapa perangkat menggunakan koneksi wireless yang sama secara bersamaan.

Catatan :

  • Selama semua itu memiliki adapter wireless, beberapa perangkat dapat menggunakan satu router untuk terhubung ke Internet. Koneksi ini nyaman, hampir tidak terlihat dan cukup dapat diandalkan;
  • Namun, jika router gagal atau jika terlalu banyak orang mencoba menggunakan aplikasi bandwidth tinggi pada saat yang sama. Maka pengguna dapat mengalami gangguan atau kehilangan koneksi mereka. Meskipun lebih baru, standar yang lebih cepat seperti 802.11ac dapat membantu.

Baca juga : Cara mengaktifkan hotspot di komputer dan laptop

Cara Kerja Wifi Hotspot Pada Router

cara kerja wifi
Pixabay.com

Anda bahkan dapat membuat hotspot seluler anda sendiri menggunakan ponsel atau perangkat eksternal yang dapat terhubung ke jaringan seluler. Dan anda selalu dapat mengatur jaringan WiFi di rumah.

Jika anda ingin memanfaatkan hotspot WiFi publik atau jaringan berbasis rumah anda sendiri, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memastikan komputer anda memiliki gigi yang tepat. Sebagian besar laptop baru dan banyak komputer desktop baru dilengkapi dengan pemancar wireless terintegrasi, dan hampir semua perangkat seluler diaktifkan WiFi.

Jika komputer anda belum dilengkapi, anda dapat membeli adaptor wireless yang dihubungkan ke slot kartu PC atau port USB. Komputer desktop dapat menggunakan adaptor USB, atau anda dapat membeli adaptor yang dihubungkan ke slot PCI di dalam kasing komputer. Banyak dari adaptor ini dapat menggunakan lebih dari satu standar 802.11.

Setelah anda memasang adaptor wireless dan driver yang memungkinkannya untuk beroperasi, komputer anda akan dapat secara otomatis menemukan jaringan yang ada. Ini berarti bahwa ketika anda menyalakan komputer anda di hotspot WiFi, komputer akan memberi tahu anda bahwa jaringan itu ada dan bertanya apakah anda ingin terhubung dengannya.

Jika anda memiliki komputer yang lebih tua, anda mungkin perlu menggunakan program perangkat lunak untuk mendeteksi dan menghubungkan ke jaringan wireless.

Mampu terhubung ke Internet di hotspot umum sangat nyaman. Jaringan wireless yang ada di rumah juga nyaman. Mereka memungkinkan anda untuk dengan mudah menghubungkan beberapa komputer dan memindahkannya dari satu tempat ke tempat lain tanpa melepaskan dan menghubungkan kembali kabel. Di bagian selanjutnya, kita akan melihat cara membuat jaringan wireless di rumah anda.

Jika anda sudah memiliki beberapa komputer di jaringan di rumah anda, anda dapat membuat jaringan wireless dengan titik akses wireless. Jika anda memiliki beberapa komputer yang tidak terhubung ke jaringan, atau jika anda ingin mengganti jaringan Ethernet anda,

Apa saja yang di butuhkan Pada Wifi

Port untuk terhubung ke modem kabel atau DSL anda

  1. Router
  2. Hub Ethernet
  3. Firewall
  4. Jalur akses wireless

Router wireless memungkinkan anda menggunakan sinyal wireless atau kabel Ethernet untuk menghubungkan komputer dan perangkat seluler anda satu sama lain, ke printer dan ke Internet. Sebagian besar router menyediakan jangkauan sekitar 100 kaki (30,5 meter) ke segala arah, meskipun dinding dan pintu dapat memblokir sinyal.

Jika rumah anda sangat besar, anda dapat membeli extender range murah atau repeater untuk menambah jangkauan router anda. Seperti halnya adaptor wireless, banyak router dapat menggunakan lebih dari satu standar 802.11.

Biasanya, router 802.11b sedikit lebih murah daripada yang lain, tetapi karena standarnya lebih lama, mereka juga lebih lambat dari router 802.11a, 802.11g, 802.11n, dan 802.11ac. Router 802.11n adalah yang paling umum.
Setelah anda mencolokkan router anda, dan itu harus mulai bekerja pada pengaturan default. Sebagian besar router memungkinkan anda menggunakan antarmuka Web untuk mengubah pengaturan anda. anda dapat memilih:

  • Nama jaringan, yang dikenal sebagai pengenal set layanan (SSID) – Pengaturan standar biasanya adalah nama dari pabrik.
  • Saluran yang digunakan router – Sebagian besar router menggunakan saluran 6 secara default. Jika anda tinggal di apartemen dan tetangga anda juga menggunakan saluran 6, anda mungkin mengalami gangguan. Beralih ke saluran lain harus menghilangkan masalah.
  • Opsi keamanan router anda – Banyak router menggunakan akses masuk standar yang tersedia untuk umum, jadi sebaiknya anda menetapkan nama pengguna dan kata sandi anda sendiri.

Catatan :

  • Wifi adalah suatu jaringan wireless yang digunakan untuk kebutuhan internet di rumah maupun kantor. Maka kita harus tahu betul cara kerjanya.
  • Membuat Sebuah Hotspot harus di beri keamanan atau setting agar ketika menyambungkan ada kata sandi yang harus dimasukkan

Baca juga : Cara Melihat Mac Address PC

Kesimpulan dari Cara Kerja Wifi

kesimpulan
pixabay.com

Setelah membaca artikel di atas, maka bisa disimpulkan bahwa dengan adanya teknologi Wifi, internet semakin mudah digunakan. Mau di rumah ataupun kantor anda bisa menggunakannya dengan mudah.

Mungkin itu penjelasan yang bisa sampaikan kepada anda.

Terima Kasih telah membaca postingan saya.

Bye-bye, see you next post. ^^

Sumber :

-computer.howstuffworks.com

-CCM.Net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *