Database Admin (Administrator) Adalah? – Yuk Cari Tahu di sini ^^

4 min read

Database Administrator Adalah
Pada sebuah perusahaan atau kantor, ada yang namanya Database Admin (Administrator) yang di mana ini adalah
pekerjaan istemewa. Di mana semua hasil rekam kerja pada sebuah perusahaan atau kantor di simpan oleh pekerjaan ini. Namun, pekerjaan ini membutuhkan tanggung jawab tinggi dan ketelitian yang optimal.
Nah, mari kita bahas semua tentang Database Administrator disini. Baca pada Artikel di bawah ini.

Database Administrator terdiri dari semua yang diperlukan untuk mengelola database dan membuatnya tersedia sesuai kebutuhan. Database Administrator (DBA) adalah pengelola, mencadangkan dan memastikan ketersediaan data yang dihasilkan dan dikonsumsi oleh organisasi melalui sistem TI.

DBA adalah peran yang sangat penting dalam banyak departemen TI saat ini, dan secara keseluruhan, organisasi mereka secara keseluruhan.

Misalnya, pertimbangkan bank komersial – DBA adalah orang yang memastikan bahwa teller bank memiliki akses yang mudah ke informasi Anda. Dimana Anda dapat dengan cepat mengakses saldo bank dan riwayat transaksi Anda.

Contohnya adalah administrator sistem atau aplikasi-basis data — peran umum DBA bertanggung jawab atas sebagian besar aspek basis data organisasi. Namun, ini bukan satu-satunya jenis DBA.

Tanggung jawab administrator database dapat meliputi:

  • Menginstal dan meningkatkan server database dan / atau alat aplikasi.
  • Merencanakan dan mengalokasikan persyaratan fisik sistem basis data, seperti memori, ruang disk, persyaratan jaringan, dll.
  • Memodifikasi struktur basis data menggunakan informasi yang disediakan oleh pengembang aplikasi.
  • Membuat profil pengguna, dan memastikan keamanan sistem dengan alokasi izin pengguna yang cermat.
  • Memastikan kepatuhan dengan perjanjian lisensi vendor database, termasuk jumlah instalasi, dan mengurus pembaruan lisensi.
  • Membuat strategi cadangan dan pemulihan untuk basis data, dan secara berkala menguji cadangan untuk memastikan kegunaan.
  • Memantau dukungan teknis untuk sistem basis data dan aplikasi terkait.
  • Membuat laporan dengan menanyakan dari basis data (sesuai kebutuhan). Laporan-laporan ini dapat dalam bentuk laporan yang telah diformat menggunakan frontend aplikasi. Ataupun dengan laporan ad hoc yang dibuat khusus oleh administrator database.
  • Memantau dan mengoptimalkan kinerja database menggunakan alat manual atau otomatis. Ini mungkin tugas paling penting DBA.
  • Memigrasikan instance basis data ke perangkat keras baru dan versi perangkat lunak baru. Dimulai dari basis data ke basis data berbasis cloud dan sebaliknya.

Database Administrator adalah spesialisasi dari?

Database Administrator Adalah

Sama seperti istilah ‘dokter’ dapat merujuk ke berbagai spesialisasi, ada juga berbagai sub-spesialisasi untuk peran Database Administrator. DBA yang kami jelaskan sebelumnya adalah yang paling umum. Dimana itu adalah orang yang bekerja di rumah atau dengan kontrak untuk organisasi agar database internal mereka tetap optimal.

Perangkat lunak perbankan ini didukung oleh database, yang merupakan penyimpanan backend untuk semua data. Ini dirancang dan dibangun oleh tim spesialis DBA (lebih tepat disebut perancang basis data’).

Mereka kemungkinan bekerja dengan analis bisnis dan lainnya yang ahli dengan operasi perbankan untuk merancang berbagai fungsi dan modul aplikasi. Ini untuk memastikan bahwa semua fungsi bank (pinjaman, transaksi tunai, pembayaran otomatis, manajemen ATM, dll.) Dibuat dan tercermin dalam struktur basis data.

Namun, tipe lain dari Database Administrator adalah Database Administrator Kinerja atau Database Administrator Tuning. Administrator ini berspesialisasi dalam mengoptimalkan dan meningkatkan kinerja berbagai basis data. Database adalah perangkat lunak yang kompleks.

Sederhananya, struktur internal database terdiri dari data yang disimpan dalam tabel. Akses data kemudian dapat dioptimalkan dengan menggunakan indeks, yang membaca seperti daftar isi buku. DBA membantu memastikan bahwa database dioptimalkan untuk mengambil keuntungan dari perangkat keras fisik atau virtual yang di-host-nya.

Ini berarti diperlukan untuk dapat membagi data di disk yang berbeda. Mengatur database untuk lebih baik menggunakan memori atau RAM dan mengoptimalkan lalu lintas jaringan dari basis data jauh.

Beberapa database bahkan dibagi menjadi beberapa server dalam apa yang disebut ‘pengaturan terdistribusi. Beberapa database bisa menjadi sangat kompleks sehingga mereka membutuhkan DBA yang hanya berfokus pada peningkatan kinerja. Namun, untuk yang lebih kecil,

Tipe ketiga dari Database Administrator adalah DBA Aplikasi. Peran ini berfokus secara khusus pada pengintegrasian basis data ke dalam aplikasi yang menggunakannya. Menavigasi sebagian besar basis data biasanya membutuhkan pengetahuan tentang jenis bahasa permintaan tertentu. Yang paling umum adalah Structured Query Language, atau SQL.

Menuju karier Database Administrator yang sukses

Menuju karier Database Administrator yang sukses

Ada dua jalur utama untuk menjadi Database Administrator: Berfokus pada menjadi DBA sejak awal karier TI , atau (lebih umum) dimulai di bidang TIK umum, seperti dukungan atau pengembangan helpdesk, dan secara bertahap menjadi lebih mahir dalam basis data administrasi.

Either way, menjadi administrator database yang mahir tidak akan terjadi dalam semalam; yang pertama perlu mengembangkan keahlian tertentu yang juga diperlukan dalam sebagian besar karir TIK:

  • Keterampilan pemecahan masalah yang sangat baik: Ketika dihadapkan dengan masalah, terutama yang belum pernah Anda temui, kemampuan untuk memikirkan penyebab yang mungkin terjadi dan kemudian menghilangkan atau mengikutinya secara logis sampai akhir adalah sangat penting. DBA yang baik adalah mereka yang dapat melihat kesalahan, dan kemudian dengan cepat menentukan penyebab potensial dan membangun solusi yang mungkin.
  • Pemikiran logis, akal sehat dan memori di atas rata-rata: Kemampuan alami untuk berpikir secara metodis menggunakan pendekatan berbasis eliminasi, ditambah dengan memori yang baik, juga penting. Ini termasuk kemampuan untuk mengingat fakta-fakta teknis tentang berbagai sistem dan platform yang relevan dengan pengaturan Anda, seperti bagaimana meningkatkan ukuran tabel dalam database SQL Server Anda, cara menambahkan disk baru di server Linux Anda, dan cara menghapus pengguna di database PostgreSQL Anda. Demikian juga, dengan mengingat beberapa fakta spesifik tentang lingkungan khusus Anda (Apakah Anda beroperasi di LAN atau WAN? Apa kata sandi administrator untuk basis data? Berapa banyak pengguna yang Anda miliki? Kapan audit database berikutnya? Di mana cadangan disimpan ?) sangat penting.
  • Keingintahuan dan keinginan yang kuat untuk belajar: Keingintahuan dan dorongan akan membantu memastikan bahwa Anda tidak mandek dalam karier Database Administrator Anda. Bidang TI selalu berubah — hanya kemampuan dan kelaparan untuk terus belajar hal-hal baru akan membuat Anda tidak ketinggalan.

Pelatihan dan sertifikasi Database Administrator

Pelatihan dan sertifikasi Database Administrator

Bagi sebagian besar pengusaha dan manajer perekrutan yang ingin mempekerjakan seseorang dengan pengalaman, minimum adalah gelar sarjana empat atau dua tahun di bidang TIK.

Namun seperti yang kita lihat sebelumnya, beberapa mulai meninggalkan persyaratan ini sama sekali dan memilih pelatihan teknis melalui pembelajaran online dan sumber lainnya. Tetap saja, gelar sarjana dalam bidang TIK, teknik, atau statistik akan memberi Anda keunggulan dibandingkan pelamar lainnya.

Selanjutnya, adalah ide bagus untuk mendapatkan sertifikasi dalam satu atau lebih sistem basis data komersial. Gelar sarjana Anda mungkin telah mengajarkan Anda dasar-dasar administrasi basis data, dan Anda bahkan mungkin telah belajar beberapa SQL , tetapi ini hanya pengantar.

Sebagian besar perusahaan akan fokus mempekerjakan orang dengan sertifikasi dan pelatihan DBA dalam perangkat lunak database spesifik yang mereka gunakan. Beberapa pemain besar dan sertifikasi administrator database mereka adalah:

Mungkin pertimbangkan untuk menambahkan dalam Statistik. Ini cenderung lebih untuk pekerjaan ilmu data, tetapi saya telah melihat ini mulai merambah ke peran admin juga di UKM karena mereka mencari admin untuk melakukan lebih dari sekedar admin.

  • Oracle: Oracle DB Certified Associate, Oracle DB Certified Professional
  • Microsoft SQL Server: MCSE (Platform data dan Business Intelligence) dan MCDBA yang lebih lama
  • IBM: Sertifikasi IBM Analytics
  • Oracle: Pengembang Database MySQL, Administrator Database MySQL
  • MongoDB: DBA Bersertifikat, Pengembang Bersertifikat
  • Cassandra: Administrator Cassandra Bersertifikat, Arsitek Cassandra Bersertifikat, Pengembang Cassandra Bersertifikat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *