9 Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi

10 min read

Perkembangan Teknologi Komunikasi

Semakin pesatnya kemajuan di dunia ini membuat perkembangan teknologi komunikasi yang semakin maju. Dari yang dulunya harus menempuh jarak yang jauh sampai kini hanya dengan sentuhan jari saja kita bisa berkomunikasi. Saking meningkatnya perkembangan teknologi komunikasi menghasilkan kemajuan yang baru.

Untuk itu ada beberapa kemajuan yang telah terjadi. Saya sudah mengumpulkan beberapa informasinya, sekitar 9 perkembangannya. Silahkan baca infonya di bawah ini.

9 Perkembangan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)

Berikut ini adalah beberapa perkembangan yang terjadi hingga saat ini.

1. Machine Learning (Pembelajaran Teknologi Baru)

Machine Learning (Pembelajaran Teknologi Baru)

Pada posisi pertama di tahun ini. Yah itu sebenarnya terjadi sekarang, terutama di beberapa fungsi perencanaan jaringan dan manajemen sumber daya radio. Semua orang sekarang mencoba untuk menggunakannya sampai ke physical layer. Sekarang ada beberapa kegunaan nyata, kami perkirakan tahun ini akan tiba ketika ia berputar dan mulai menurunkan kurva hype, seperti itulah sifat manusia.

Tetapi sementara itu dalam aktivitas Machine Learning akan terus meningkat, dan CTN EB pasti akan memerahnya untuk beberapa artikel. Implementasi di pinggir jaringan akan menjadi topik besar pada tahun tersebut.

2.  Perkembangan Teknologi Komunikasi Frekuensi THz

Perkembangan Teknologi Komunikasi

Definisi dari fitur 5g adalah signal yang menembus batas tertinggi yaitu 6 GHz. Akan tetapi menurut sebagian orang ini sudah membosankan. Lebar bandwidth kosong telah lama ditunggu para desainer cukup berani untuk menghadapi tantangan yang dihadirkan oleh gelombang frekuensi milimeter ini:

Lubang antena kecil, kurangnya difraksi di sekitar hambatan, pelemahan atmosfer hujan dan salju, konsumsi daya perangkat hujan, salju, konsumsi daya perangkat, biaya, dll.

Sekarang para peneliti mulai mengeksplorasi perbatasan frekuensi yang lebih tinggi yang terletak antara 100 GHz dan 1 THz, di mana tantangan-tantangan tersebut menjadi lebih berat, tetapi janji-janji itu juga berlipat ganda. Selain petak bandwidth yang lebih luas, gelombang kecil mereka membuat frekuensi ini cocok untuk frekuensi ini.

untuk penentuan posisi beresolusi tinggi dan bahkan pencitraan kasar. Jika perpaduan kemungkinan ini membuahkan hasil, aplikasi menunggu sistem jarak pendek,

3. Perkembangan Teknologi Komunikasi Pasca-Ponsel Sudah Dekat

Era Pasca-Ponsel Sudah Dekat

Kami menyebutkan hal ini tahun lalu, dan itu bukan sesuatu yang pasti akan terjadi dalam semalam, jadi kita mulai lagi. Ponsel, dan baru-baru ini inkarnasi smartphone, telah lama menjadi kesayangan komunikasi nirkabel yang tak terbantahkan. Perangkat lain terhubung ke jaringan nirkabel, tetapi volumenya baru terdaftar.

Munculnya segudang gadget satelit seperti jam tangan pintar, kacamata, atau perangkat yang dapat dikenakan telah membuat dampak kecil pada jaringan sejauh ini. Dan di mana kota pintar yang seharusnya kita semua tinggali sekarang?

Namun IoT membuat kemajuan tenang ke jaringan dengan pertumbuhan perangkat diperkirakan dalam kisaran 20-30%, meskipun volume data mereka tetap cukup rendah hingga saat ini. Diharapkan aplikasi IoT baru akan memberikan lebih banyak permintaan pada jaringan untuk bandwidth.

Kami mengatakan ini dengan peringatan bahwa video akan terus mendorong volume data seluler dan akan meningkatkan bagiannya dalam semua probabilitas di tahun 2019. Kendaraan ke jaringan dan kontrol industri adalah kesayangan tahun 2019 yang harus diperhatikan.

Pokoknya kita akan memanggil 2019 tahun IoT dan melihat apa yang terjadi. Untuk hal yang ada di saku Anda dan Anda lebih memperhatikan daripada keluarga Anda, tahun ini akan menjadi tahun ponsel pintar yang dibuka, yang kami pikir benar-benar keren dan dapat menyebabkan perubahan yang lebih mendasar daripada hanya mengendarai lebih banyak video menuntut, yang bisa disebut “post smart phone”.

Namun, transformasi IoT diharapkan menjadi lebih mendalam, dengan pergeseran progresif dari transceiver yang ditanggung manusia ke peralatan rumah tangga, kendaraan, robot, drone, dan peralatan industri. Mesin mengambil alih dari manusia: terdengar asing? Oh dan adakah yang tidak menyaksikan mobil self-driving yang menabrak robot di CES? 2019 adalah tahun kekerasan robot-ke-robot. Kami menyebutnya.

4. LTE Terus Menjadi Lebih Penting Dari 5G

Teknologi 4g

Membosankan tapi benar. Setiap tahun Ericsson menerbitkan laporan mobilitas yang sangat bagus dan tahun ini mereka memperkirakan bahwa pelanggan LTE akan terus tumbuh hingga tahun 2021 dan 5G akan terus terang sedikit blip sampai saat itu. LTE memiliki banyak jus yang tersisa di dalamnya dan teknologi periferal baru seperti IoT dan ML akan memberikan LTE dorongan melalui 2021. Jadi jangan membuang buku itu di LTE cukup jauh dulu.

5. Orang-orang IT diam-diam menyelinap ke Gedung

Adakah yang tahu bahwa ATT menjadi perusahaan media tahun lalu? Fakta bahwa Departemen Kehakiman pergi ke pengadilan untuk pertama kalinya sejak pemerintahan Nixon untuk menentang merger semacam itu adalah tanda pentingnya perkembangan ini.

Wiser head daripada kami memberi tahu kami bahwa kebangkitan Netflix menyebabkan banyak orang dalam bisnis pengiriman konten memikirkan kembali masa depan mereka. Dan kami para insinyur komunikasi berada dalam bisnis pengiriman konten, bukan?

Kami akan melemparkan beberapa bahan bakar acak lainnya ke api ini dalam bentuk eCPRI, yang mengubah cara lapisan fisik dipartisi dalam jaringan dan menjadi kesepakatan besar pada tahun 2018. Ditambah lagi dengan kemajuan yang berkelanjutan dari organisasi Open RAN yang memiliki setidaknya menjadi sangat nyaman dengan upaya TIP Facebook.

Jika belum benar-benar bergabung dengan mereka dan semua ini tampaknya memiliki pola tertentu untuk itu. Apakah komunitas telekomunikasi dan TI akhirnya benar-benar bersatu? Dan apa arti semua ini bagi cara kami menerapkan dan mengembangkan peralatan seluler. Bagaimanapun, kami akan memanggil 2019 tahun konvergensi TI dan melihat apa yang terjadi.

6. Techlash Berlanjut

Pada tahun 2018, Google didenda $ 5 miliar oleh Uni Eropa untuk pelanggaran antitrust Android, yang memecahkan rekor sebelumnya sebesar $ 2,7 miliar dari Uni Eropa pada tahun 2017 atas manipulasi hasil pencarian. CEO Facebook Mark Zuckerberg bersaksi di Capitol Hill tentang penggunaan data pribadi oleh Facebook. Juga pada 2018, Uni Eropa memulai undang-undang baru untuk melindungi privasi data.

Ini disebut GDPR, Peraturan Perlindungan Data Umum, yang akan memiliki dampak signifikan pada bagaimana aplikasi dan layanan menggunakan dan melindungi data pribadi kita. Kami berharap bahwa memasuki keamanan dan privasi 2019 akan terus menjadi semakin penting karena semakin banyak orang menjadi lebih sadar, dan mungkin paranoid, tentang bagaimana data mereka digunakan.

Keamanan kemudian menjadi prinsip dalam pengembangan teknologi IoT, smart city, dan komunikasi kendaraan dan sebagainya. Sudah keamanan telah menjadi topik yang lebih mendesak di badan standar dan ada peluang untuk teknologi baru di bidang ini. Jadi kita akan menyebut tahun 2019 tahun jaringan yang berfokus pada keamanan.

7. Implementasi MIMO Masif Terus Berada Sedikitnya Menyenangkan seperti Teori MIMO Masif

Membangkitkan yang ini dari tahun lalu karena kami benar tentang hal itu dan itu belum hilang begitu saja. Kekuatan dan biaya tetap merupakan masalah yang tidak sepele dan sekarang kami menemukan bahwa algoritma yang diberikan kepada kami oleh para akademisi membutuhkan penyesuaian.

Kami sekali lagi mengetik “implementasi MIMO besar-besaran” ke dalam IEEE Xplore dan menemukan 287 makalah kami sejak 2015 telah meningkat sebesar 22% menjadi 351 makalah, tetapi ini setengah tingkat tahun lalu. Jadi mungkin kita mulai sedikit tenang. Kami berharap bahwa 2019 akan menjadi tahun untuk fokus pada pelacakan mobilitas dan optimalisasi kapasitas.

8. Perkembangan Teknologi Komunkasi dalam Sistem Keamanan

Keamanan, Privasi

Untuk menunjukkan gajah di dalam ruangan, kami harus mengatakan sesuatu tentang rantai pasokan global. Untuk mencampur metafora kami akan tinggal jauh dari 3 rd rel menyampaikan pendapat tentang topik kompleks dan politik ini.

Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa komunitas komunikasi memikirkan kembali cara kerjanya. Dari mana mengadakan konferensi internasional, jika ada risiko bahwa beberapa peserta mungkin tidak bisa mendapatkan visa, hingga bagaimana kita mengamankan kepercayaan publik terhadap rantai pasokan kita yang kompleks.

Bahkan masalah tentang bagaimana kita berkomunikasi secara profesional dan berdasarkan aturan apa yang dipertanyakan. Tidak ada keraguan bahwa sebagian besar peralatan di jaringan kami saat ini telah melewati banyak negara dan telah dikerjakan pada tingkat tertentu oleh banyak insinyur dari banyak negara dan dibangun dengan komponen dari seluruh dunia.

Jika pelanggan kami membutuhkan perubahan dalam sistem ini, ada potensi gangguan serius dan ini akan mendasari semua topik hangat lainnya yang telah kami sebutkan sejauh ini. Sebagai teknolog, kita harus percaya ada solusi teknis untuk masalah ini dan kami berharap komunitas teknis dapat mengungguli politisi di bidang ini.

Jadi kami memperkirakan bahwa tahun 2019 akan menjadi tahun yang sangat menarik bagi IEEE yang pada intinya adalah organisasi yang mencoba membina komunikasi dan kerja sama di antara para anggotanya.

9. Perkembangan Teknologi Komunikasi 6G

Kami mungkin tidak benar bahwa 2018 adalah tahun 6G karena 5G terus membuktikan sebagai tempat yang baik bagi para akademisi untuk bermain. Tetapi kami mencatat bahwa setidaknya ada satu lokakarya akademik 6G awal tahun ini dan akan mengatur ulang prediksi kami.

Kami berharap THz dan AI akan memainkan peran yang kuat dalam studi 6G pada tahun 2019. Kami kembali memprediksi bahwa akan ada tren berkelanjutan menuju standar yang menetapkan semakin sedikit karena kami meninggalkan celah dalam spesifikasi untuk pembelajaran mesin untuk mengatur potongan modem. operasi dengan cepat yang mengarah ke era baru untuk bagaimana standar dikembangkan.

Sejarah Perkembangan Teknologi komunikasi

Perkembangan Teknologi komunikasi

Di bawah ini adalah runtutan sejarah teknologi komunikasi. Silahkan baca selengkapnya untuk mengetahui dari mana sih awal mulanya teknologi komunikasi.

Surat

Menulis surat adalah bentuk komunikasi yang telah bertahan meskipun semua teknologi berkecepatan tinggi tersedia saat ini. Namun, cara itu disampaikan telah banyak berubah selama bertahun-tahun. Sejauh awal 1800-an, surat dikirim oleh kurir.

Di kota-kota, cukup sering seorang pelayan dari rumah tangga keluarga dikirim untuk mengantarkan surat dengan berjalan kaki dan kadang-kadang mereka bahkan akan menunggu di rumah penerima atau tempat usaha untuk membawa kembali surat jawaban.

Jarak yang lebih jauh ditaklukkan dengan mengirim utusan menunggang kuda. Pada 1837, seorang guru sekolah Inggris bernama Rowland Hill muncul dengan gagasan prangko, dan ini melahirkan sistem pos. Hari ini kita bahkan dapat mengirim surat melalui udara atau laut dalam beberapa hari, di mana tanpa teknik penyortiran dan pengiriman modern, itu akan memakan waktu berbulan-bulan.

Generasi muda saat ini cenderung kurang terbiasa dengan tindakan menulis surat dan bahkan menyebutnya sebagai surat siput. Layanan Pos A.S. telah mengkonfirmasi bahwa volume surat mereka menurun sekitar dua puluh persen antara tahun 2006 dan 2010. Namun, banyak bisnis dan warga negara masih menggunakannya sebagai alat komunikasi yang lebih formal.

  • Implikasi Penurunan Volume Surat
  • Kotak Surat Inggris Pertama
  • Mengirim Surat Sebelum Prangko Perekat Ada
  • Menulis Surat pada tahun 1700-an
  • Museum Pos Nasional
  • Taktik Menulis Surat Victoria
  • Pedoman Awal tentang Etiket Menulis Surat
  • Kode Morse dan Telegraf
  • Kode Morse dan Telegraf

Perkembangan Surat

Menulis surat masih menjadi sarana eksklusif komunikasi tertulis hingga beberapa dekade pertama tahun 1800-an, meskipun pada saat itu beberapa penemu mulai berkecimpung dengan prototipe primitif telegraf. Seorang lelaki, Samuel Morse, yang sebenarnya bekerja sebagai pelukis pada waktu itu, menerima surat bahwa istrinya sakit parah.

Pada waktu yang dibutuhkan baginya untuk menerima surat itu dan kemudian pulang dari dia, dia sudah meninggal. Didorong oleh ketidakefisienan pengiriman surat, Morse bekerja keras mengembangkan sistem telegraf elektromagnetik.

Lebih penting lagi, ia juga mengembangkan sistem komunikasi melalui mesin ini. Itu dikenal sebagai kode Morse dan terdiri dari serangkaian titik dan garis kode yang sesuai dengan alfabet. Setelah mematenkan penemuannya, telegram segera menjadi sangat populer sebagai cara menyampaikan informasi singkat dengan cepat dan jarak jauh. Telegraf menjadi lebih penting ketika itu banyak digunakan selama Perang Dunia Kedua.

  • Berbagai Jenis Telegraf
  • Telegraph Samuel Morse
  • Kehidupan Samuel Morse
  • Sejarah Kode Morse
  • Menulis Telegram
  • Telegram Bersejarah yang Terkenal
  • Pindaian Telegram Nyata

Mesin cetak

Sejarah mesin cetak tanggal kembali ke 1400-an, ketika Johannes Guternberg menciptakan model berdasarkan versi primitif yang sudah digunakan. Mesin cetaknya menggunakan huruf logam yang bisa dilepas yang bisa disusun ulang untuk membuat blok teks.

Sebelum itu, orang harus menulis teks dengan tangan, yang merupakan proses yang sangat melelahkan. Selama Renaissance, mesin cetak komersial bisa menghasilkan hampir 4.000 halaman setiap hari. Sebelum percetakan, buku adalah benda yang sangat dihargai dan berharga.

Banyak keluarga hanya akan memiliki satu buku di rumah mereka: Alkitab. Mesin cetak memungkinkan orang untuk mengakses buku dan pamflet dengan harga jauh lebih rendah, membantu mendidik mereka dan memperkenalkan mereka pada ide-ide baru.

Karya pertama Johannes Gutenberg menggunakan pers barunya adalah salinan dari Alkitab; versi yang sangat terkenal yang dikenal sebagai Gutenberg Bible. Sejak zamannya, mesin cetak telah berkembang menjadi versi yang lebih canggih, tetapi mereka masih digunakan untuk alasan yang sama untuk mendistribusikan berita dan literatur dalam skala massal.

  • Sejarah Mesin Cetak
  • Mengembangkan Mesin Cetak
  • Semua Tentang Johannes Gutenberg
  • Mesin Pencetak Awal
  • Alkitab Gutenberg
  • Dampak Budaya dari Mesin Cetak
  • Contoh Jenis Bergerak

Telepon

Setelah telegraf ditemukan, yang lain terus bereksperimen dengan elektromagnet dan potensi mereka dalam perangkat telekomunikasi. Dengan begitu banyak penemu yang aktif berbagi ide dan mengembangkan mesin dengan konsep yang tumpang tindih, ada beberapa perselisihan mengenai penemu telepon yang asli.

Namun pada tahun 1876, seorang pria, Alexander Graham Bell, berhasil secara legal dengan mendapatkan hak paten untuk versi teleponnya, dan karena itu ia dikenang dengan baik dalam kaitannya dengan penemuan ini. Beberapa dekade sebelumnya, perangkat jenis telepon mengharuskan pendengar untuk berbicara dan mendengarkan melalui bagian yang sama.

Kemudian, telepon berevolusi menjadi perangkat di mana pendengar harus memegang satu bagian di telinga mereka dan berbicara ke unit telepon utama. Versi yang lebih baru, model yang lebih kita kenal sekarang, termasuk lubang suara dan bagian mulut pada satu pegangan. Banyak operator telepon kemudian digantikan oleh sistem panggilan otomatis.

  • Sejarah Telepon
  • Alexander Graham Bell
  • Kisah Telepon Bell
  • Awal 1900-an Operator Telepon
  • Akun Tangan Pertama Teknologi Telepon Dini
  • Telepon Tua dan Prototipe
  • Evolusi Telepon
  • Fakta menyenangkan: Panggilan Konferensi Tidak Terbatas adalah salah satu penyedia panggilan konferensi pertama di Internet.
  • Sudah online sejak 1998!

Radio

Setelah penemuan telegraf, beberapa penemu mulai mencoba cara untuk membuat versi nirkabel dari mesin yang sama. Dengan melakukan itu, mereka belajar cara menghasilkan dan menggunakan gelombang radio. Pada gilirannya, ini membantu mengembangkan radio.

Itu adalah seorang insinyur Serbia-Amerika bernama Nikola Tesla yang pertama kali mulai bereksperimen dengan frekuensi radio dan transmisi. Pada tahun 1897, ia mendapatkan paten untuk penemuannya dan menjelajahi cara-cara menggunakan radio untuk komunikasi.

Belakangan, perusahaan dan penemu lain muncul dengan variasi radio menggunakan teknologi berbeda. Siaran radio panjang pertama hanya datang pada tahun 1916, dari Tufts University. Ketika semakin banyak stasiun radio yang terpotong di seluruh negeri, organisasi dibentuk untuk membantu mengatur konten yang disiarkan.

Saat ini radio digunakan untuk menyampaikan berita dan hiburan, dan masih digunakan sebagai perangkat komunikasi di banyak industri.

  • Radio di Amerika Serikat
  • Sejarah Radio
  • Radio Tesla
  • Pelajari Tentang Nikola Tesla
  • Radio di Masa Dini
  • Penyiaran Radio Dini
  • Radio di AS dan Rusia

Televisi

Sebelum televisi, orang-orang mengandalkan radio dan hiburan langsung untuk menghibur diri mereka sendiri. Dari akhir 1800-an, beberapa penemu telah bereksperimen dengan menampilkan gambar di layar. Itu adalah seorang pria Skotlandia bernama John Logie Baird yang berhasil menunjukkan gambar bergerak di layar pada tahun 1925.

Dibandingkan dengan perangkat teknologi tinggi saat ini, penemuan Baird sangat lambat, hanya menunjukkan sekitar dua belas frame per menit, tetapi tetap luar biasa. Beberapa orang lainnya terus meningkatkan desain aslinya. Tabung sinar katoda digunakan untuk membuat output yang lebih baik di layar.

Gambar TV pertama adalah halftones, dan kemudian hitam dan putih, sebelum warna akhirnya diperkenalkan pada tahun 1953. Televisi terus menguasai banyak ruang tamu di seluruh dunia dan kami memiliki lebih banyak pilihan dalam hal ukuran, model, dan bahkan saluran.

  • Momen Penting dalam Sejarah TV
  • Sejarah Televisi
  • TV Awal
  • Televisi John Baird
  • Siaran Warna Nasional Pertama
  • Masa-Masa Awal Televisi
  • Awal dari Peraturan Konten TV

Email

EmailEven sebelum Internet sepenuhnya berkembang, surat elektronik telah dikembangkan pada 1970-an sebagai cara untuk mengirim pesan dari satu komputer ke komputer lain. Pada hari-hari awal, kedua pengguna harus online pada saat yang sama untuk mengirim dan menerima pesan melalui sistem pusat.

Itu adalah jaringan komputer yang disebut ARPANET yang sebagian besar berkontribusi pada pengembangan email. Pada tahun 1971, email pertama dikirim oleh Ray Tomlinson, seorang programmer Amerika. Alih-alih hanya dapat mengirim pesan teks, kami juga dapat mentransfer multimedia dan lampiran lainnya juga.

Melalui tahun 1990-an, email dengan cepat menjadi cara komunikasi yang cepat dan baru. Meskipun email masih merupakan salah satu cara utama metode komunikasi modern, email ini menghadapi persaingan dari layanan olahpesan cepat dan media sosial.

  • Sejarah Email
  • Bagaimana Email Mulai
  • Garis Waktu Infografis Email
  • Bagaimana Email Mempengaruhi Masyarakat
  • Wawancara dengan Ray Tomlinson
  • Apakah Email di Jalan Keluar?
  • Tanggal Penting dalam Riwayat Email

Telepon selular

Pada 1970-an, seorang peneliti di Motorola bernama Martin Cooper mulai bekerja pada perangkat komunikasi portabel. Pada tahun 1973, ia mengembangkan jenis ponsel. Itu adalah prototipe besar, kikuk, sekarang bahasa sehari-hari disebut sebagai “batu bata” untuk ukuran dan bentuk canggung.

Selama beberapa dekade berikutnya, tujuan utama banyak produsen ponsel adalah membuat ponsel yang lebih kecil dan lebih ramping. Dengan ponsel digital, opsi baru ditambahkan, seperti kemampuan untuk menyimpan nomor telepon, mengubah nada dering dan bahkan memainkan game.

Dalam beberapa tahun terakhir, ini telah memberi jalan ke ponsel pintar. Perangkat ini menggabungkan daya komputasi ke dalam ponsel, memberikan akses Internet bagi pengguna dan fungsionalitas komputer dasar, semuanya dalam ponsel berukuran saku.

  • Sejarah Visual Ponsel
  • Melihat Kembali Panggilan Telepon Seluler Pertama
  • Wawancara dengan Martin Cooper
  • Perkembangan Ponsel
  • Tujuan Mengubah Ponsel
  • Evolusi Ponsel
  • Garis Waktu Singkat Ponsel

Kemajuan dalam komunikasi pada awalnya berkembang cukup lambat. Pada awalnya komunikasi terbatas pada jarak pendek seseorang (atau merpati pos) dapat melakukan perjalanan. Selain jarak, komunikasi dibatasi oleh jumlah waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan pesan dari satu tempat ke tempat lain.

Bisakah Anda bayangkan berapa lama untuk mengirim surat melintasi lautan dengan perahu layar? Untuk waktu yang sangat lama ini adalah bentuk komunikasi paling efektif yang tersedia.

Pada 1800-an ada ledakan dalam cara kami berkomunikasi secara global. Telegraf, radio, dan telepon membuat perbedaan dramatis dalam bagaimana informasi dapat disampaikan. Dalam beberapa tahun terakhir kita telah melihat ledakan lain dalam komunikasi. Dengan teknologi baru, kami sekarang dapat berkomunikasi di seluruh dunia (dan bahkan ke luar angkasa) hampir secara instan.

Itulah perkembangan teknologi komunikasi pada awal mulanya.

Perkembangan Teknologi Komunikasi di Indonesia

Dilansir dari website pikiran rakyat, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)  di indonesia belum merata  atau menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Sampai sekarang ini masih terjadi ketimpangan antara pedesaan dan perkotaan.

Diungkapkan oleh Ketua Asosiasi Perusahaan Nasional Telekomunikasi (Apnatel) Jawa Barat yang juga Presiden Direktur dan Chief Executive Officer (CEO) PT Borsya Cipta Communica (BCC), Boris Syaifullah. Beliau membahas tentang itu saat menerima kunjungan dari SMUN 3 Sumbawa di Bandung, Kamis 26 Desember 2019.

Menurut beliau, rata-rata pada daerah di Indonesia belum bisa menikmati pesatnya perkembangan TIK. “Perkembangan TIK di Indonesia sangat pesat. Dengan itu, sebagian besar baru menjangkau wilayah perkotaan,” ujarnya.

Seharusnya, pada saat bersamaan pemerintah pusat selalu menggembar-gemborkan revolusi industri 4.0 yang kental dengan sentuhan TIK. Pada sisi lain, swasta, khususnya provider semakin gencar mempromosikan teknologi 4.5 G.”Ini sangat ironis karena faktanya baik revolusi industri 4.0 maupun teknologi 4,5 G belum menjangkau seluruh wilayah Indonesia,” katanya.

Beliau menilai, penyebab belum meratanya perkembangan TIK di Indonesia karena belum meratanya infrastruktur. Selain itu, kualitas sumber daya manusia (SDM) TIK Indonesia juga belum merata.

“Pemerintah hanya fokus mengembangkan konten 4.0, tidak fokus pada pemerataan infrastruktur dan pengembangan SDM,” katanya.

Saya sendiri berharap, agar segera diselesaikan permasalahnnya agar semua rakyat indonesia bisa menikmati jaringan internet yang sangat berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *