√ 5+ Jenis Kabel Jaringan

7 min read

Jenis Kabel Jaringan

Kabel adalah media di mana informasi biasanya berpindah dari satu perangkat jaringan ke perangkat lainnya. Ada beberapa jenis kabel jaringan yang biasa digunakan dengan LAN. Dalam beberapa kasus, jaringan hanya akan menggunakan satu jenis kabel, jaringan lain akan menggunakan berbagai jenis kabel.

Jenis kabel yang dipilih untuk jaringan terkait dengan topologi, protokol, dan ukuran jaringan. Memahami karakteristik berbagai jenis kabel dan bagaimana hubungannya dengan aspek lain dari jaringan diperlukan untuk pengembangan jaringan yang sukses.

Jenis Kabel Jaringan

Bagian berikut membahas jenis kabel yang digunakan dalam jaringan dan topik terkait lainnya.

  • UTP (Unshielded Twisted Pair).
  • STP (Shielded Twisted Pair).
  • Kabel Coaxial.
  • Kabel Fiber Optic (FO).
  • Panduan Instalasi Pengkabelan.
  • Wireless LANs.

Jenis Kabel Jaringan UTP (Unshielded Twisted Pair)

Kabel twisted pair datang dalam dua versi: Shielded dan Unshielded. Unshielded twisted pair (UTP) adalah yang paling populer dan umumnya merupakan pilihan terbaik untuk digunakan di jaringan sekolah.

.

Jenis Kabel Jaringan UTP
seguridadplus.com

Kualitas UTP dapat bervariasi dari kabel kelas telepon ke kabel berkecepatan sangat tinggi. Kabel memiliki empat pasang kabel di dalam jaket. Setiap pasangan dipuntir dengan jumlah putaran yang berbeda per inci untuk membantu menghilangkan gangguan dari pasangan yang berdekatan dan perangkat listrik lainnya.Gbr.1. Twisted pair unshielded

Semakin erat putaran, semakin tinggi tingkat transmisi yang didukung dan semakin besar biaya per kaki. EIA / TIA (Electronic Industry Association/Telecommunication Industry Association) telah menetapkan standar UTP dan memberi peringkat enam kategori kabel (kategori tambahan sedang muncul).

Kategori Dari Jenis Kabel Jaringan UTP

CategorySpeedUse
11 MbpsVoice Only (Telephone Wire)
24 MbpsLocalTalk & Telephone (Rarely used)
316 Mbps10BaseT Ethernet
420 MbpsToken Ring (Rarely used)
5100 Mbps (2 pair)100BaseT Ethernet
1000 Mbps (4 pair)Gigabit Ethernet
5e1,000 MbpsGigabit Ethernet
610,000 MbpsGigabit Ethernet

Konektor Unshielded Twisted Pair

Konektor standar untuk kabel twisted pair unshielded adalah konektor RJ-45. Ini adalah konektor plastik yang terlihat seperti konektor gaya telepon besar

Konektor RJ45
homedepot.com

Sebuah slot memungkinkan RJ-45 untuk dimasukkan hanya satu arah. RJ adalah singkatan dari Registered Jack, yang menyiratkan bahwa konektor mengikuti standar yang dipinjam dari industri telepon. Standar ini menentukan kawat mana yang terpasang dengan setiap pin di dalam konektor.

Jenis Kabel Jaringan STP (Shielded Twisted Pair)

Meskipun kabel UTP adalah kabel yang paling murah, ia mungkin rentan terhadap gangguan frekuensi radio dan listrik (tidak boleh terlalu dekat dengan motor listrik, lampu neon, dll.). Kabel jenis ini cocok digunakan pada keadaan tertentu.

Jenis kabel jaringan STP
bhphotovideo.com

Ketika lingkungan terdapat banyak gangguan potensial.

Jika Anda Meletakkannya pada lingkungan yang rentan terjadi gangguan listrik.

Kabel jenis STP mungkin menjadi solusinya. ini juga dapat membantu memperluas jarak maksimum kabel.

Kabel Shielded twisted pair tersedia dalam tiga konfigurasi berbeda:

  1. Setiap pasangan kabel secara individual dilindungi dengan foil.
  2. Ada perisai foil atau kepang di dalam jaket yang menutupi semua kabel (sebagai kelompok).
  3. Ada perisai di sekitar masing-masing pasangan individu, serta di sekitar seluruh kelompok kabel (disebut sebagai double twisted pair).

Kabel Coaxial

Kabel coaxial memiliki konduktor tembaga tunggal di pusatnya. Lapisan plastik menyediakan insulasi antara konduktor tengah dan pelindung logam yang dikepang (Lihat gbr. 3). Pelindung logam membantu memblokir gangguan dari luar dari lampu neon, motor, dan komputer lainnya.

Jenis Kabel Jaringan Coaxial
turbosquid.com

Meskipun pemasangan kabel coaxial sulit untuk dipasang, sangat tahan terhadap gangguan sinyal. Selain itu, dapat mendukung panjang kabel yang lebih besar antara perangkat jaringan dari kabel twisted pair. Dua jenis kabel coaksial adalah coaksial tebal dan coaksial tipis.

Kabel coaksial tipis juga disebut sebagai thinnet. 10Base2 mengacu pada spesifikasi untuk kabel coaksial tipis yang membawa sinyal Ethernet. Angka 2 mengacu pada perkiraan panjang segmen maksimum adalah 200 meter. Pada kenyataannya, panjang segmen maksimum adalah 185 meter. Kabel coaksial tipis telah populer di jaringan sekolah, terutama jaringan bus linear.

Kabel coaksial tebal juga disebut sebagai thicknet. 10Base5 merujuk pada spesifikasi untuk kabel coaksial tebal yang membawa sinyal Ethernet. 5 mengacu pada panjang segmen maksimum adalah 500 meter. Kabel coaksial tebal memiliki penutup plastik pelindung ekstra yang membantu menjaga kelembaban jauh dari konduktor tengah.

Hal ini menjadikan coaksial tebal menjadi pilihan tepat saat menjalankan jaringan bus linear yang lebih panjang. Salah satu kelemahan coaksial tebal adalah tidak mudah menekuk dan sulit dipasang.

Konektor Kabel Coaxial

Jenis konektor yang paling umum digunakan dengan kabel coaksial adalah konektor Bayone-Neill-Concelman (BNC).

Konektor coaxial
lowes.ca

Berbagai jenis adaptor tersedia untuk konektor BNC, termasuk konektor-T, konektor barel, dan terminator. Konektor pada kabel adalah titik terlemah dalam jaringan apa pun. Untuk membantu menghindari masalah dengan jaringan Anda, selalu gunakan konektor BNC yang crimp, alih-alih sekrup, ke kabel.

Kabel Fiber Optic (FO) / Serat Optik

Pengkabelan serat optik terdiri dari inti kaca tengah yang dikelilingi oleh beberapa lapisan bahan pelindung.

Jenis kabel Jaringan Fiber Optik
huntleight.com

Kabel serat optik mentransmisikan cahaya daripada sinyal elektronik menghilangkan masalah gangguan listrik. Ini membuatnya ideal untuk lingkungan tertentu yang mengandung banyak gangguan listrik. Kemudian juga menjadikannya standar untuk menghubungkan jaringan antara bangunan, karena kekebalannya terhadap efek kelembaban dan pencahayaan.

Kabel serat optik memiliki kemampuan untuk mengirimkan sinyal pada jarak yang jauh lebih panjang daripada pasangan coaksial dan twisted. Ini juga memiliki kemampuan untuk membawa informasi dengan kecepatan yang jauh lebih besar. Kapasitas ini memperluas kemungkinan komunikasi untuk memasukkan layanan seperti konferensi video dan layanan interaktif.

Biaya pemasangan kabel serat optik sebanding dengan pemasangan kabel tembaga; namun, lebih sulit untuk menginstal dan memodifikasi. 10BaseF mengacu pada spesifikasi untuk kabel serat optik yang membawa sinyal Ethernet.

Inti tengah kabel serat terbuat dari gelas atau serat plastik. Lapisan plastik kemudian bantal pusat serat, dan serat kevlar membantu memperkuat kabel dan mencegah kerusakan. Jaket isolasi luar terbuat dari teflon atau PVC.

Ada dua jenis kabel serat yang umum – mode tunggal dan multimode. Kabel multimode memiliki diameter lebih besar; Namun, kedua kabel menyediakan bandwidth tinggi pada kecepatan tinggi. Mode tunggal dapat memberikan jarak yang lebih jauh, tetapi lebih mahal.

SpecificationCable Type
10BaseTUnshielded Twisted Pair
10Base2Thin Coaxial
10Base5Thick Coaxial
100BaseTUnshielded Twisted Pair
100BaseFXFiber Optic
100BaseBXSingle mode Fiber
100BaseSXMultimode Fiber
1000BaseTUnshielded Twisted Pair
1000BaseFXFiber Optic
1000BaseBXSingle mode Fiber
1000BaseSXMultimode Fiber

Beberapa Panduan Instalasi Pengkabelan

Saat menjalankan kabel, yang terbaik adalah mengikuti beberapa aturan sederhana:

  1. Selalu menggunakan lebih banyak kabel dari yang Anda butuhkan. Tinggalkan banyak kelonggaran.
  2. Uji setiap bagian dari jaringan saat Anda menginstalnya. Bahkan jika itu baru, mungkin ada masalah yang akan sulit untuk diisolasi nanti.
  3. Tinggal minimal 3 kaki dari kotak lampu neon dan sumber gangguan listrik lainnya.
  4. Jika perlu untuk menjalankan kabel di lantai, tutupi kabel dengan pelindung kabel.
  5. Beri label kedua ujung masing-masing kabel.
  6. Gunakan ikatan kabel (bukan selotip) untuk menyatukan kabel di lokasi yang sama.

Wireless LANs

wireless Lans
fcit.usf.edu

Semakin banyak jaringan yang beroperasi tanpa kabel, dalam mode nirkabel. LAN nirkabel menggunakan sinyal radio frekuensi tinggi, sinar inframerah, atau laser untuk berkomunikasi antara workstation, server, atau hub. Setiap workstation dan server file pada jaringan nirkabel memiliki semacam transceiver / antena untuk mengirim dan menerima data.

Informasi disampaikan antara transceiver seolah-olah mereka terhubung secara fisik. Untuk jarak yang lebih jauh, komunikasi nirkabel juga dapat dilakukan melalui teknologi telepon seluler, transmisi gelombang mikro, atau melalui satelit.

Jaringan nirkabel sangat bagus untuk memungkinkan komputer laptop, perangkat portabel, atau komputer jarak jauh untuk terhubung ke LAN. Jaringan nirkabel juga bermanfaat pada bangunan tua di mana mungkin sulit atau tidak mungkin untuk memasang kabel.

Dua jenis komunikasi inframerah yang paling umum digunakan di sekolah adalah saling berhadapan dan siaran yang tersebar. Line-of-sight communication berarti harus ada jalur langsung yang tidak diblokir antara workstation dan transceiver. Jika seseorang berjalan dalam garis pandang ketika ada transmisi, informasi itu perlu dikirim lagi.

Obstruksi semacam ini dapat memperlambat jaringan nirkabel. Komunikasi inframerah yang tersebar adalah siaran transmisi inframerah yang dikirim ke berbagai arah yang memantul dari dinding dan langit-langit hingga akhirnya mengenai penerima. Komunikasi jaringan dengan laser hampir sama dengan jaringan inframerah line-of-sight.

Standar dan kecepatan nirkabel

Wi-Fi Alliance adalah organisasi global nirlaba yang membantu memastikan standar dan interoperabilitas untuk jaringan nirkabel, dan jaringan nirkabel sering disebut sebagai WiFi (Wireless Fidelity). Standar Wi-Fi asli (IEEE 802.11) diadopsi pada tahun 1997. Sejak itu banyak variasi telah muncul (dan akan terus muncul). Jaringan Wi-Fi menggunakan protokol Ethernet.

StandardMax SpeedTypical Range
802.11a54 Mbps150 feet
802.11b11 Mbps300 feet
802.11g54 Mbps300 feet
802.11n100 Mbps300+ feet

Keamanan Nirkabel

Jaringan nirkabel jauh lebih rentan terhadap penggunaan yang tidak sah daripada jaringan kabel. Perangkat jaringan nirkabel menggunakan gelombang radio untuk berkomunikasi satu sama lain. Kerentanan terbesar terhadap jaringan adalah bahwa mesin-mesin nakal dapat “menjatuhkan-jatuh” pada komunikasi gelombang radio.

Informasi yang tidak terenkripsi yang dikirimkan dapat dipantau oleh pihak ketiga, yang, dengan alat yang tepat (gratis untuk diunduh), dapat dengan cepat mendapatkan akses ke seluruh jaringan Anda, mencuri kata sandi berharga ke server lokal dan layanan online, mengubah atau menghancurkan data, dan / atau mengakses informasi pribadi dan rahasia yang disimpan di server jaringan Anda.

Untuk meminimalkan kemungkinan ini, semua titik akses dan perangkat modern memiliki opsi konfigurasi untuk mengenkripsi transmisi. Metodologi enkripsi ini masih terus berkembang, seperti halnya alat yang digunakan oleh peretas jahat, jadi selalu gunakan enkripsi terkuat yang tersedia di titik akses dan perangkat penghubung Anda.

CATATAN TENTANG ENKRIPSI: Saat tulisan ini dibuat, enkripsi WEP (Wired Equivalent Privacy) dapat dengan mudah diretas dengan alat gratis yang tersedia yang beredar di internet.

WPA dan WPA2 (WiFi Protected Access versi 1 dan 2) jauh lebih baik dalam melindungi informasi, tetapi menggunakan kata sandi atau frasa sandi yang lemah ketika mengaktifkan enkripsi ini memungkinkan mereka untuk diretas dengan mudah. Jika jaringan Anda menjalankan WEP, Anda harus sangat berhati-hati dalam menggunakan kata sandi sensitif atau data lainnya.

Teknik Dasar Keamanan

Tiga teknik dasar digunakan untuk melindungi jaringan dari penggunaan nirkabel yang tidak sah. Gunakan salah satu dan semua teknik ini saat mengatur titik akses nirkabel Anda:

Enkripsi.

Aktifkan enkripsi terkuat yang didukung oleh perangkat yang akan Anda sambungkan ke jaringan. Gunakan kata sandi yang kuat (kata sandi yang kuat umumnya didefinisikan sebagai kata sandi yang mengandung simbol, angka, dan huruf campuran, paling tidak sepanjang 14 karakter).

Isolasi.

Gunakan router nirkabel yang menempatkan semua koneksi nirkabel pada subnet independen dari jaringan pribadi utama. Ini melindungi data jaringan pribadi Anda dari lalu lintas internet pass-through.

SSID tersembunyi.

Setiap titik akses memiliki Service Set IDentifier (SSID) yang secara default disiarkan ke perangkat klien sehingga titik akses dapat ditemukan. Dengan menonaktifkan fitur ini, perangkat lunak koneksi klien standar tidak akan dapat “melihat” titik akses. Namun, program menjatuhkan-jari yang dibahas sebelumnya dapat dengan mudah menemukan titik akses ini, jadi ini saja tidak lebih dari membuat nama titik akses tidak terlihat bagi pengguna nirkabel biasa.

Keuntungan dari jaringan nirkabel:

  • Mobilitas

Dengan komputer laptop atau perangkat seluler, akses dapat tersedia di seluruh sekolah, di mal, di pesawat terbang, dll. Semakin banyak bisnis yang juga menawarkan akses WiFi gratis (“Hot spot”).

  • Pengaturan cepat

Jika komputer Anda memiliki adaptor nirkabel, mencari jaringan nirkabel dapat sesederhana mengklik “Sambungkan ke Jaringan” – dalam beberapa kasus, Anda akan terhubung secara otomatis ke jaringan dalam jangkauan.

  • Biaya

Menyiapkan jaringan nirkabel bisa jauh lebih efektif daripada membeli dan memasang kabel.

  • Dapat diperluas

Menambahkan komputer baru ke jaringan nirkabel semudah menghidupkan komputer (selama Anda tidak melebihi jumlah perangkat maksimum).

Kerugian dari jaringan nirkabel:

  • Keamanan

Hati-hati. Waspada. Lindungi data sensitif Anda dengan cadangan, jaringan pribadi yang terisolasi, enkripsi dan kata sandi yang kuat, dan pantau lalu lintas akses jaringan ke dan dari jaringan nirkabel Anda.

  • Interferensi

Karena jaringan nirkabel menggunakan sinyal radio dan teknik serupa untuk transmisi, mereka rentan terhadap gangguan dari lampu dan perangkat elektronik.

  • Koneksi yang tidak konsisten

Berapa kali Anda mendengar “Tunggu sebentar, saya baru saja kehilangan koneksi?” Karena gangguan yang disebabkan oleh perangkat listrik dan / atau barang yang menghalangi jalur transmisi, koneksi nirkabel hampir tidak stabil seperti yang melalui kabel khusus.

  • Kecepatan

Kecepatan transmisi jaringan nirkabel membaik; namun, opsi yang lebih cepat (seperti gigabit Ethernet) tersedia melalui kabel. Jika Anda hanya menggunakan nirkabel untuk akses internet, koneksi internet sebenarnya untuk rumah atau sekolah Anda umumnya lebih lambat dari perangkat jaringan nirkabel, sehingga koneksi itu menjadi hambatan. Jika Anda juga memindahkan sejumlah besar data di sekitar jaringan pribadi, koneksi kabel akan memungkinkan pekerjaan itu berjalan lebih cepat.

Sumber : – fcit.usf.edu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *